Mohon tunggu...
Komang Sri Suka Adnyani
Komang Sri Suka Adnyani Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingkah Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat?

22 Januari 2021   14:37 Diperbarui: 22 Januari 2021   14:49 41 1 0 Mohon Tunggu...

Dewasa ini, menyebarnya Virus Covid-19 masih meresahkan masyarakat Indonesia. Ditengah-tengah kondisi pandemi yang tak kunjung berakhir ada sedikit kabar bahagia dimana Vaksin untuk virus tersebut sudah ditemukan dan pemerintah tengah melakukan perencanaan untuk memberikan vaksin ini secara gratis kepada seluruh masyarkat Indonesia.

Namun kabar ditemukannya vaksin ini malah membuat banyak pihak bertanya-tanya tentang amankah vaksin tersebut dan ampuh kah vaksin tersebut untuk menyetop penyebaran virus tersebut di Negara ini, karena banyak berita simpang siur yang mengatakan bahwa vaksin yang ditemukan ini tidak bisa memback up virus-virus covid yang masuk ke tubuh.

Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini tercatat kasus sebanyak 406.945 orang, sementara angka kematian akibar Covid-19 menjadi 13.782 orang. Menurut salah satu Pakar Imunisasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki S Hardinegoro mengemukakan mengapa pentingnya masyarakat diberi vaksin covid yaitu “karena Pada saat ini angka kematian akibat Covid-19 masih belum menunjukkan penurunan. Misalnya seperti Covid-19, ketika vaksinasi maka terbentu imun sehingga akan mencegah penularan”- tuturnya.

Berikut ini ada beberapa jenis vaksin yang tengah dikembangkan di dunia berdasarkan catatan The Washington Post yaitu Vaksin Covaxin Bharat Biotech, Vaksin Novavax, Vaksin Sinopharm, Vaksin Pfizer dan Vaksin yang banyak diperbincangkan di Indonesia yaitu Vaksin Sinovac. Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang juga dikembangkan di China.

Baru-baru ini pemerintah Indonesia juga telah mendatangkan vaksin ini untuk digunakan setelah izin BPOM dikeluarkan. Vaksin Sinovac juga telah mencapai fase uji klinis ke-3, dan dikutip dari Financial Times, Sinovac dijual dengan harga US$60 (Rp. 849,387)  untuk dua suntikan.

Namun selain berharap dengan mendapatkannya vaksin, kita juga hendaknya harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang digalakan oleh pemerintah seperti mencuci tangan, menggunakan handsanitazer, memakai masker ketika berpergian / ketika keluar rumah dan tetap menjaga daya tahan tubuh dengan memakan makanan yang sehat, rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan meminum vitamin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x