Mohon tunggu...
suhatril isra
suhatril isra Mohon Tunggu... Konsultan - Bertualang dari waktu ke waktu

Membaca, foto, menulis tentang kondisi petani dan pertanian, pemberdayaan masyarakat melalui sekolah lapangan. lahir dan besar di Padang.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pelatihan Kader Udara Bersih Indonesia Jambi dan Riau

11 Oktober 2021   00:52 Diperbarui: 11 Oktober 2021   01:01 90 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

36 orang petani dari Jambi dan Riau mengikuti Pelatihan Kader Udara Bersih Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan FIELD Indonesia pada tanggal 4 sampai 9 Oktober 2021 yang bertempat di Bapeltan Jambi. 

Menurut Heru Setyoko (Direktur FIELD Indonesia) Program Udara Bersih Indonesia diselenggarakan di delapan provinsi. Dari  Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Pada acara tersebut para petani belajar tentang teknis pengelolaan mulsa tanpa olah tanah, ayam seresah dalam, bedengan kayu dan uji kesehatan tanah selain itu juga membuat perencanaan melaksanakan Sekolah Lapangan Petani di desanya.

Pada pelatihan tersebut peserta juga dibekali dengan berbakai teknik praktis dalam uji tanah seperti uji: suhu tanah, kelembaban, stabilitas tanah, penghitungan organisme tanah, uji sekop, dan pH tanah. Uji dilakukan dengan membandingkan lahan yang memakai mulsa dengan sistem tanpa olah tanah dengan yang tanah tanpa mulsa dan diolah 

Selama pelatihan, peserta sangat antusias untuk mengikutinya, baik materi di ruangan ataupun diluar kelas. Pelatihan ini dipandu oleh Simon HT, Kuswara dan Kuswana.

Pada saat penutupan acara pelatiahan peserta berkomitmen untuk mempraktekan hasil belajarnya di lahanya masing-masing, agar ada model bagaimana mendorong terwujudnya udara bersih Indonesia dengan tidak  membakar sisa tanaman.

Setelah itu petani kader tersebut akan melaksanakan kegiatan sekolah lapangan di desanya.

Agar proses penyebaran hal-hal baik yang akan dilakukan oleh petani maka mereka juga dibekali  
Agar proses penyebaran hal-hal baik yang akan dilakukan oleh petani maka mereka juga dibekali  "kiat kiat mengambil gambar dan foto"  dipandu Triyanto/dokpri
Kuswana menyampaikan cara melakukan pengamatan pada tanaman padi/dokpri
Kuswana menyampaikan cara melakukan pengamatan pada tanaman padi/dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan