Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kepala MIN 07 Nagan Raya, Guru Harus Mengembangkan Kultur Digital di Madrasah

28 November 2022   14:25 Diperbarui: 28 November 2022   14:28 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Bimtek MIN 7 Nagan Raya ( Sum Dokpri)

Tadu Raya, Kepala MIN 7 Nagan Raya, Mhd. Daud berharap setelah  kegiatan Pelatihan Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Guru Dalam Penguasaan Media Pembelajaran Secara Digital dilaksanakan guru dapat menerapkan pembelajaran yang berkultur digital di lingkungan madrasah. Hal ini disampaikan Mhd.Daud saat memberikan kata kata sambutan  pembukaan kegiatan bimbingan teknis , Jum'at (25/11/2022).

"Menurut Research on Improving Systems of Education (RISE) dalam studi kualitatif yang dilakukan menunjukkan bahwa fokus perekrutan guru ialah memenuhi kebuthan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan dukarenakan profesionalitas gurunya telah memadai, mengatasi hal demikian perlunya setiap perintis/pionir pendidikan berfikir bagaimana upaya peningkatan kopetensi guru dapat ditingkatkan untuk memenuhi standar  profesionalitas sesuai tuntutan profesi, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sains, Pelatihan Bimbingan Teknis inilah salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi guru. " ujar Kepala MIN 07  Nagan Raya tersebut.

"Guru kedepan harus lebih sering memakai media digital dalam proses pembelajaran didalam kelas agar peserta didik dapat mengexpresikan diri mereka sebagai konsumen dan produsen konten digital, karena itu guru harus menguasai dan memiliki peran penting dalam mengawal pemahaman literasi digital kepada peserta didik" lanjutnya.

Kegiatan  dibuka oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Nagan Raya Mauliadi, S.H.I, M.Ag, dalam kesempatan pembukaan Kasi  Haji memberikan motivasi kepada guru agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengakses dunia digita. 

" dunia pendidikan yang sudah begitu terbuka, ilmu dengan mudah dapat diakses dari berbagai platfon media, jangan sampai murid lebih paham pembelajaran digital daripada guru, karena ini membuat penguasaan pembelajaran di era digital tidak berjalan sesuai  dengan harapan pemerintah". 

Dalam kesempatan ini, Pengawas MI Aminuddin dalam sesi penutupan mengucapkan terimakasih kepada kepala MIN 07 Nagan Raya yang telah menyukseskan penyelenggaraan kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dan berguna untuk meningkatkan pengetahuan SDM guru Madrasah Ibtidaiyah, apalagi mau menghadapi ujian semester ganjil.

" Semoga dengan adanya pelatihan ini, para guru dapat mengingkat sumber daya  guna menyukseskan ujian semester ganjil secara digital/online yang sebentar lagi akan  di MIN 7 Nagan Raya".

Hal senada juga diungkapkan salah satu panitia, dia sangat bersyukur pelatihan berjalan sukses dan respon dari para peserta sesuai dengan yang  diharapkan.

" Alhamdulillah kami para guru sangat senang dengan mengikuti bimbingan teknis peningkatan kualitas guru, semua peserta menerima materi dengan baik dan dapat dipraktekkan secara langsung hingga keluar hasil penilaian melalui tes soal dengan google form". inilah hasil yang didapatkan dilapangan ujarnya.

Acara Bimbingan Teknis bagi guru Madrasah  dilaksanakan di Aula SMP Negeri 8 Kuala, Desa Kuala Trang Kecamatan Kuala Pesisir, peserta terdiri dari guru kelas, bidang studi yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7  Nagan Raya, berjumlah 18 orang termaksud 3 panitia. acara dilaksanakan selama 2 hari penuh mulai tanggal 25 -26 november 2022. Pemateri berasal dari tim ahli pranata komputer pelaksana  M. Husen, S.Kom.

Editor : Suhaimi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun