Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tokoh Toleransi Beragama dari Sosok Eka Tjipta Widjaja

13 September 2022   10:03 Diperbarui: 13 September 2022   10:10 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sangat banyak teladan yang dapat  ditiru oleh generasi muda saat ini dari sosok pengusaha sukses Eka Tjipta Widjaja yang telah membangun Sinar Mas hingga bertahan sampai dengan sekarang mencapai 100 tahun lebih dan menjadikannnya salah satu perusahaan yang terbesar di Indonesia. kontribusi Sinar Mas untuk NKRI bukan hanya di sektor perusahaan namun hampir merambah keseluruh sektor,  antara lain: Sinar Mas Agribusiness and Food, Asia Pulp & Paper Sinar Mas, Sinar Mas Land, Sinar Mas Energy and Infrastructure, Sinar Mas Financial Service, Smartfren Communications & Technology, serta Sinar Mas Healthcare.

Selain pilar bisnis yang dibangun tersebut, Eka Tjipta Wijaya juga telah mendirikan Yayasan Muslim Sinar Mas, sebagai bentuk toleransi beragama, tepat pada 31 Januari 1926 di Jakarta meresmikan yayasab tersebut yang bergerak dibidang keagamaan, pendidikan, sosial, dan ekonomi bagi umat muslim terkhusus untuk karyawannya dan masyarakat umum.

Yayasan Muslim Sinar Mas adalah sebagai wadah bagi karyawan yang beragama Muslim yang di manfatkan untuk kegiatan sosial dan saling berbagi maupun bantuan kepada yang membutuhkan pada kegiatan umat muslim. berikut ini adalah beberapa even yang telah diadakan pada tahun ini antara lain : Bazar Minyak Goreng Ramadan (BMGR) murah di BSD city dan sekitarnya (14/03/22), mengadakan vaksinasi untuk lansia dan takmir masjid di Tangerang selatan (23/04/22), melakukan bhakti sosial aksi gerakan tanam pohon, di pondok pesantren Al Tsaniyah, Serpong, Tangerang (29/08/22), dan pemberian wakaf Al-Quran, pada peringatan Milad ke-43 masjid Istiqlal (22/02/22) dll.

Kegiatan Yayasan Muslim Sinar Mas juga bergerak pada bidang pendidikan seperti  memberantas buta huruf alqur'an. Setelah sukses dengan program BBQ tahun 2018, 2019 dan 2020  yang memberikan training of trainers (ToT) kepada 600 ustaz dan guru mengaji dari 127 masjid dan musala di BSD City, kali ini YMSML memperluas program tersebut ke 50 masjid dan musala yang ada di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. 

program program dari yayasan Muslim Sinar Mas adalah langsung menyentuh kepentingan yang amat penting bagi umat muslim ini menandakan bahwa toleransi yang dicontohkan oleh sosok Eka Tjipto Widjaja sangat penting diterapkan pada kehidupan masyarakat indonesia yang saat ini sudah mulai adanya keretakan pada hubungan toleransi beragama dan juga adanya dorongan dorongan memecah belahkan indonesia dengan menghancurkan keharmonisan bertoleransi antar umat beragama.

Sejalan dengan program dari kementerian Agama  Republik Indonesia Untuk memahami pentingnya  Toleransi Beragama memang dibutuhkan "rasa" atau "sense" agar memiliki keseimbangan sikap.  Berpijak dari  sosok Pendiri Yayasan Muslim Sinar Mas Eka Tjipto Widjaja, indonesia butuh sosok seperti beliuw dan jiwa pemikir yang seperti ini agar indonesia kedepan terus menjaga kerukunan beragama dan keseimbangan dalam beragama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun