Mohon tunggu...
Suhaedi Suhaedi
Suhaedi Suhaedi Mohon Tunggu...

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Mataram

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

“Evaluasi Sebagai Pelet Dalam Mengajar”

11 April 2015   06:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:16 120 2 0 Mohon Tunggu...

Evaluasi adalah salah satu cara untuk mengatasi atau menanggulangi segala kegiatan dan maslah yang terjadi di sekitar kita. Denngan dilakukannya evaluasi baik formal maupun nonformal akan menghasilkan hal-hal yang baru dalam diri seorang maupun kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Evaluasi sangat dibutuhkan dalm masyarakat di dunia pendidikan. Evaluasi di lingkungan masyarakat harus di lakukan mengingat masyarakat yang saat ini lebih maju dan menyesuaikan diri dengan zaman. Oleh sebap itu butuh evalaluasi atau perubahan dalam masyarakat agar masyarakat berpikir lebih maju dan menghasilkan lingkungan yang lebih baik dan lebih maju.

Selain evaluasi evaluasi di lingkungan masyarakat para tokoh, tokoh pemuda juga butuh evaluasi agar masyarakat dan tokoh yang ada di lingkngan masyarakat tersebut bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat mereka tinggal. Perubahan atau evaluasi pada saat ini haruslah ada, mengingat orang-orang sekarang dan zaman saat ini sudah moderen maka haurus menyesuaikan dirinya dengan zaman saat ini melalui evaluasi diri.

Kemudian evaluasi dalam pendidikan atau ditingkat pendidikan sangatlah penting, karena mengingat siswanya yang lebih aktif dalam belajar. Mereka membutuhkan evaluasi dalam belajar untuk membuat membuat para siswa senang dalam belajar. Evaluasi harus dilakukan di kalangan guru dan di kalangan siswa untuk menghasilkan cara belajar atau proses beljar yang lebih baik dan untuk kenyamanan guru dan murid dalam belajar. Dalam hal ini murid juga membutuhkan evaluasi terkait dengan cara mengajar guru-guru yang berada di setiap sekolah.

Masih banyak diantara kalangan guru yang belum melakukan evaluasi dalam mengajar, masih banyak guru yang mengajar menggunakan model ceramah, padahal seperti yang kita tahu evaluasi sangatlah membantu menimbulkan gairah murid dalam belajar. Disamping itu evaluasi atau perubahan dalam mengajar sangat mendukung karena dengan cara ini para guru bisa mengetahui kemampuan dalam diri siswa dan semangat dalam belajar. Guru harus bisa mengubah cara mengajar sesuai derngan perkembangan zaman yang terjadi dari masa kemasa

Guru melakukan evaluasi dalam mengajar dilakukan sesuai dengan kondisi saat mengajar. Misalnya belajar di luar kelas yaitu memanpaatkan taman yang berada di sekolah tersebut. Selain siswa senang belajar di luar kelas mereka juga bisa mrnghirup udara segar sehingga menimbulkan keyenangan dalam mengajardan focus menerima materi yang disampaikan oleh guru tersebut. Disamping itu belajar diluar kelas seperti di taman sekitar sekolah membuat siswa menyenangi guru yang mengajarinya sehingga mereka akan semangat dan lebih rajin mengikuti pelajran tersebut karena bisa menyesuaikan cara mengajar dengan kondisi-kondisi yang di hadapi oleh siwa dan guru.

Oleh sebap itu guru harus memperbaiki cara mengajar yaitu dengan menggunakan modelceramah seperti yang saya tau dan pengakuan dari siswa ,guru mengajar model ceramah kebanyakan siswa itu menjadi ngantukmerasa bosan dengan modelOleh sebap itu guru harus memperbaiki cara mengajar yaitu dengan menggunakan modelceramah seperti yang saya tau dan pengakuan dari siswa ,guru mengajar model ceramah kebanyakan siswa itu menjadi ngantukmerasa bosan dengan model ceramah. Oleh sebap itu dengan mrnggunakan model ceramah tersebut kita harus bisa mengembalikan semangat siswa dalam belajar dan bagaimana cara siswa itu tidak bosan dan tidak ngantuk dfalam belajar.

Oleh sebap itu cara mengembalikan semangat siswa dalam belajar melakukan evaluasi atu perubahan ddalam mengajar daan menyampaikan materi oleh guru tersebut. Misalnya jika siswa itu mengantuk dalam belajar guru harus melakukan evaluasi bagai mana agar supaya murid ersebut tidak ngantuk. Mungkin dengan cara guru itu membuat humor,membuat hiburan dan lelucon sehingga murid tersebut bissa tertawa dan tidak mengantuk. Hal itu harus di perhatikan dalam memberikan materi pada siswa.

Disamping itu guru melakukan evaluasi alam mengajar mampu mengukur kemampuan siswa-siswanya karena evaluasi ini adalah cara yang paling baik untuk mengetahui siswa yang aktif dan tidak aktif dalam belajar. Kemudian dalam evaluasi ini bisa membuat siswa senang kepada guru yang mengajarkannya dan membuat siswa yang mengikuti pelajarannya lebih banyak dan lebih dan lebih rajin mengikuti pelajaran yang di sampaikan. Oleh sebap itu mari kita lakukan evaluasi di sekolah manapun baik evaluasi di kalangan guru dan dikalangan siswa.

VIDEO PILIHAN