Mohon tunggu...
Sugiarto Sumas
Sugiarto Sumas Mohon Tunggu... Guru - Widyaiswara Ahli Utama

Sebagai widyaiswara di Kementerian Ketenagakerjaan bertugas untuk menjadi fasilitator / pembimbingan peningkatan kompetensi pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan. Menulis artikel ilmiah dan artikel populer adalah salah satu hobby sekaligus kewajiban sebagai tenaga pendidik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Let's Be a Good Presenter

29 November 2022   11:30 Diperbarui: 29 November 2022   12:18 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Supporter Jepang membersihkan sampah usai menonton pertandingan sepakbola piala dunia FIFA 2022 di Qatar, sumber FIFA World Cup Japanese Fans

QATAR. Menjadi berita viral di mana-mana ketika suporter  Jepang memungut sampah usai menonton  setiap pertandingan sepak bola piala dunia di Qatar Tahun 2022.

Perilaku seperti ini tidak kali ini saja, tetapi sudah dilakukan suporter Jepang dalam pertandingan sepak bola piala dunia sebelumnya.

Suporter  Jepang ini sedang menunjukkan atau mempresentasikan sikap dan perilaku peduli terhadap kebersihan dan pemeliharaan lingkungan.

Mereka adalah Presenter yang baik. Karena, selain mengundang decak kagum, juga menjadi contoh bangsa-bangsa lain di seluruh dunia mengenai pentingnya tanggung jawab memelihara kebersihan lingkungan untuk kehidupan lebih baik.

Pada hakikatnya, sejak bangun tidur di pagi hari hingga beranjak ke tempat tidur di malam hari,  kita semua, termasuk suporter  Jepang tadi,  adalah seorang “Presenter”.  

Melalui tindakan, ucapan, paras muka, dan bahasa tubuh lainnya, kita akan selalu memancarkan pengetahuan,  sikap, perilaku, pengalaman, suasana hati, dan kepribadian kita saat itu.

Pertanyaannya apakah kita sudah menjadi “Presenter” yang baik dan berguna bagi siapa pun yang kebetulan berada  di sekitar kita?.

Dalam hal ini, kriteria baik dan berguna  adalah apabila seorang “Presenter” mampu membangkitkan semangat dan suasana hati senang bagi orang lain (pendengar atau pemirsa) di sekitarnya.  

Sehingga pada akhirnya memotivasi orang lain di sekitar kita untuk melakukan hal-hal  positif bagi dirinya, keluarganya, bangsanya, bahkan masyarakat dunia.

Idealnya setiap orang harus saling mempengaruhi secara positif demi menciptakan suasana kedamaian dan optimisme untuk menghadapi kehidupan yang semakin penuh persaingan.

Intinya agar setiap orang, apa pun profesinya,  selalu bersemangat dan produktif dalam melaksanakan profesi masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun