Mohon tunggu...
Sugianto Wijaya
Sugianto Wijaya Mohon Tunggu... Lainnya - Sugianto Wijaya

Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Pelaporan Aset Inventaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya

30 Mei 2022   16:30 Diperbarui: 13 Juni 2022   14:54 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pelaporan Aset Inventaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya

Di dalam setiap proses pengakuan Aset, harus dilakukan pengauditan di dalamnya. Yang mana pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya pada tahun 2022, melakukan pelaporan kondisi barang Inventaris yang dimiliki oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah Dispendukcapil Surabaya. Inventaris yang dimiliki oleh Dispendukcapil Surabaya terdapat kurang lebih 1.850 Inventaris yang perlu dilakukan penyesuaian dan pelaporan di dalam pengakuan aset di dalamnya.

Pengertian Aset ini bisa dalam bentuk Peralatan dan Perlengkapan, adapun perbedaan di dalamnya adalah jika Peralatan merupakan Aset yang memiliki masa manfaat lebih dari 1 tahun, contohnya adalah Printer, CPU, Monitor, dan lain-lain. Sedangkan Perlengkapan merupakan bahan habis pakai yang dalam masa manfaatnya kurang tidak lebih dari satu tahun, misalnya adalah bolpoin, tinta printer, kertas HVS, dan lain-lain.

Pada kali ini saya bersama rekan saya dari divisi Human Resource Analyst melakukan pelaporan Aset yang ada yang berada pada tempat kerja ataupun tempat dinas, gudang dan tempat yang ada pada sistem E-Simbada. 

Dalam melakukan Checking kesesuian kondisi barang dengan informasi yang ada, adapun beberapa Aset yang sudah tidak dapat dipakai diberikan keterangan tambahan yaitu “Rusak Berat” dengan tujuan barang inventaris tersebut dapat dilakukan pengajuan “Persediaan Usulan Penjualan” pada Pemerintahan Kota Surabaya, karena aset barang tersebut sudah tidak dapat digunakan. 

Oleh karena itu hal tersebut sangatlah penting dalam melakukan pelaporan Aset Inventaris. Karena dengan adanya pelaporan Inventaris ini dapat membantu dalam hal penyusunan Laporan Keuangan tepatnya pada barang persediaan Dispendukcapil Surabaya 2022.

Sugianto Wijaya_Akuntansi UPNVJT 2019_19013010116

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan