Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan bukan Tahun depan, Bulan depan, bahkan minggu depan masa depan adalah hari ini. Manfaatkan hari ini dengan baik maka itulah masa depanmu.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nenek Kastijah, Sehari-hari Berteman dengan Ceplik

7 Maret 2020   19:39 Diperbarui: 7 Maret 2020   20:56 123 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nenek Kastijah, Sehari-hari Berteman dengan Ceplik
Dok. Garex

WANATAWANG - Kastijah (60) tahun, warga Dukuh Pengilon RT.05/04 Desa Wanatawang Kecamatan Songgom ini kesehariannya tidak ada aliran listrik dirumahnya hanya dengan mengandalkan lampu minyak (ceplik). Nenek Kastijah hidup menjanda dan kini hidup di sepetak rumah sederhana bersama family-nya.

Beliau tidak pantang menyerah dalam menghadapi roda kehidupannya dengan kesehariannya sebagai buruh tani.

Dok. Garex
Dok. Garex
Soal penerangan dirumahnya, Kastijah menggunakan Ceplik. Walau sudah ditawari untuk disambungi listrik beberapa kali oleh tetangganya yang sudah ada listriknya, Kastijah menolaknya dengan alasan takut kalau tidak bisa membayarnya.

Penemuan kasus nenek Kastijah berawal dari Tim Agen 46 Kec. Songgom yang rutin mengadakan kegiatan sosial menyambangi lansia-lansia di desa se Kec. Songgom yang kebetulan pada saat itu sedang ada di Desa Wanatawang tepatnya di Dukuh Pengilon.

Dok. Garex
Dok. Garex
Melihat kondisi Nenek Kastijah tersebut, Tim Agen 46 berinisiatif melaporkan ke Grup Forum Peduli Kec. Songgom. Dari grup itulah berswadaya dari para donatur dan mengupayakan rumah nenek Kastijah dapat dialiri listrik oleh PLN.

Dok. Garex
Dok. Garex
Dan alhamdulliah, hari ini (7/3/2020) rumah nenek Kastijah sudah terpasang listrik daya 900 VA oleh PLN didampingi oleh TKSK Kec. Songgom. biaya listrik dirumah ibu Kastijah akan ditanggung oleh donatur H. Sudirno Desa Cenang Kec. Songgom. Secara pribadi.

Pemilik Kios Buah Abu Bilal membenarkan bahwa pihaknya akan secara pribadi membantu biaya tagihan listrik Ibu Kastijah tiap bulannya.

" Insya Alloh bulanannya Saya yang tanggung " tandas Sudrino via pesan singkatnya digrup Whatsapp Forum Peduli Kec. Songgom.

#KecamatanSonggom

VIDEO PILIHAN