Mohon tunggu...
Sudarmi Bhrdn
Sudarmi Bhrdn Mohon Tunggu... Bosowa Polytechnic Student ūüéď

Hospitality Of Polytechnic Bosowa ūüéď

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Agama dan Etika

21 April 2021   14:55 Diperbarui: 21 April 2021   15:13 25 0 0 Mohon Tunggu...

Saya akan berbagi pengalaman apa saja yang telah saya dapatkan pada saat melakukan proses belajar pada mata kuliah Agama dan Etika pada Program Studi Perhotelan Kampus Politeknik Bosowa.

Dalam Islam, bergaul dengan sesama manusia diperbolehkan karena pada
dasarnya manusia memang makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, akan tetapi
dalam islam cara bergaul atau berteman baik sesama jenis ataupun lawan jenis
itu memiliki batasan-batasan tertentu seperti :
1. Menghormati perasaan orang lain dengan tidak mencela atau mengeluarkan kata-kata yang mengarah pada hinaan.
2. Jangan samakan cara bergaul setiap orang karena mungkin saja tidak semua orang menyukai dipanggil nama orang tuanya.
3. Apabila seorang teman terlihat gelisah,marah ataupun sedih maka kita dapat bertanya tentang keadaanya tentu saja pertanyaan yang lontarkan harus disesuaikan dengan keadaan dan kepribadian orang tersebut.
4. Jangan pernah merasa lebih tinggi dari pada orang lain karena bersikap angkuh dapat membuat orang menjauh.
5. Selalu mengamalkan senyum kepada orang yang bertatap muka dengan kita dan memasang muka yang manis.
6. Berbicaralah sesuai dengan kemampuan lawan bicara kita, jangan sampai kita berbicara mengenai hal-hal yang tidak diketahui oleh lawan bicara sehingga itu terkesan sombong.
7. Kita harus berbaik sangka kepada orang lain karena kita tidak tahu apa yang telah dilalui orang tersebut untuk sampai ditahap ini, jangan sampai karena perkataan kita yang memojokkan maka orang tersebut akan bersedih dan dendam kepada kita.
8. Jangan pernah mencari-cari kesalahan orang lain ataupun mengungkit-ungkit kesalahan pada masa lalunya.
9. Mendengarkan sampai selesai apa yang hendak lawan bicara kita sampaikan dan hindari perdebatan yang seharusnya tidak terjadi.

Saya sangat tertarik untuk menyampaikan kepada orang lain materi diatas karena menurut saya masih banyak sekali diantara kita bersosialisasi atau bergaul tidak sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Kemudian saya juga tertarik untuk membahas Etika pada saat berkumpul dengan teman baik dalam suatu majelis ataupun di kelas, adapun etika-etika yang harus diperhatikan yaitu:

1. Memberi salam

Apabila kita memasuki atau hendak meninggalkan suatu ruangan yang terdapat orang atau perkumpulan maka kita harus memberikan salam terlebih dahulu agar sopan. Salam juga dapat disimbolkan sebagai mendoakan para hadirin majelis ataupun teman-teman yang berada pada ruangan itu.

2. Tidak berbisik berduaan

Apabila terdapat tiga orang dalam suatu ruangan atau perkumpulan maka dua orang diantaranya tidak boleh berbisik karena ditakutkan pada saat dua orang ini berbisik satu orang diantaranya merasa tersinggung.

3. Duduk di kursi yang kosong

Apabila kita datang ke suatu majelis atau perkumpulan maka kita harus duduk di tempat yang kosong bukan memindahkan orang yang terlebih dahulu duduk di tempatnya lalu kita yang menduduki tempat orang tersebut.

Penulis : Sudarmi(01805021)

Mahasiswi Prodi Perhotelan

Kampus Politeknik Bosowa

VIDEO PILIHAN