Bahasa adalah alat komunikasi manusia di muka bumi ini. Betapa pentingnya kemampuann berbahasa bagi kehidupan manusia, tidak terkecuali bagi anak. Maka bahasa harus sudah diajarkan pada anak sejak dini. Karena masa perkembangan berbahasa yang paling intensif pada manusia terletak pada masa usia dini, tepatnya pada tiga tahun dari hidupnya, yaki suatu periode dimana otak manusia berkembang dalam proses mencapai kematangan (Aisyah, 2007:6).
Perkembangan kemampuan berbahasa anak ditaman kanak-kanak dipengaruhi  oleh rangsangan latihan. jika tidak rangsangan, maka potensi-potensi yang ada lambat laun fungsinya akan berkurang. Salah satu perkembangan berbahasa anak dapat ditandai dengan anak mampu mengungkapkan pendapatnya, anak mampu bertanya, anak mampu menjawab pertanyaan.
Kemampuan menjawab pertanyaan merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang dimiliki oleh anak. Karena menjawab pertanyaan merupakan suatu cara untuk merespon  orang lain dan  melatih kemampuan anak berbahasa khususnya berbahasa lisan (Nurbiana, 2007).Namun tidak semua anak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan  dengan baik, karena kualitas dan kemampuan setiap anak-anak berbeda-beda. Sama halnya pada anak didik kelompok B di TK ABA, juga mempunyai kemampuan berbahasa yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat dilihat pada pra siklus pencapaian anak  sebesar 34,75%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 dengan kartu gambar mencapai pencapaian 75 %.  Setelah dirasa belum mencapai target,dilakukan tindakan siklus 2 dengan permainan kartu gambar sebesar 81,83%.
Menurut Suhartono (2005:148), permainan kartu gambar adalah permainan yang menggunakan kartu yang berukuran seperti kartu pos yang terbuat dari karton atau sejenisnya yang tidak tembus cahaya, yang dikartu tersebut ada gambarnya. Jenis Permainan kartu gambar (Hurlock, 2001: 334) :
a. Permainan perorangan
 b. Permainan TetanggaÂ
c. Permainan Tim'
d. Permainan dalam ruang
Manfaat bermain kartu gambar bagi anak yaitu (Tedjasaputra, 2001:39-45): Â
a. Dapat menyalurkan energi yang berlebihan sehingga tidak meras gelisah
b. dapat melakukan interaksi  bersama temannya