Mohon tunggu...
Suciati Lia
Suciati Lia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar mengungkapkan sebuah kata agar bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kekuatan Tulisan: Mengapa Guru Perlu Memperdalam Kemampuan Menulis? dan Langkah-Langkah Praktis untuk Mencapainya

14 Mei 2024   05:52 Diperbarui: 14 Mei 2024   06:18 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kekuatan Tulisan: Mengapa Guru Perlu Memperdalam Kemampuan Menulis? dan Langkah-Langkah Praktis untuk Mencapainya

Kemampuan menulis tidak mesti melekat pada guru bidang studi bahasa Indonesia. tapi, semua mata pelajaran. Mengapa demikian? sebab, guru merupakan agen perubahan dalam pembelajaran yang mempunyai peran penting dalam membentuk keterampilan menulis murid. Hal ini tak terkhusus pada mata pelajaran bahasa Indonesia tapi mata pelajaran lain. Dalam mata pelajaran lain misalnya guru mengajarkan bernalar kritis sehingga diperlukan kemampuan dalam mengekspresikan. Jika murid belum mahir kemampuan berbicara, murid dapat memanfaatkan kemampuan menulisnya. namun, setidaknya guru memiliki pengalaman dan wawasan mengenai hal tersebut sehingga mudah dalam mengaplikasikan.

Dalam benak bertanya, mengapa setiap guru setidaknya perlu mengembangkan kemampuan menulis? Berikut ini saya akan mencoba memberikan alasan dan semoga melalui ulasan ini mari bersama-sama bergerak belajar menulis dan melakukan upaya praktis untuk mengupayakan.

Membuat bahan ajar

Guru yang terus belajar dan berdaya senantiasa berusaha menyajikan bahan ajar sendiri sehingga menyesuaikan dengan lingkungan sekolah dan karakteristik  murid yang diajar. Dengan begitu, guru perlu belajar mengekspresikan kemampuan menulisnya untuk membuat bahan ajar sendiri. Meskipun itu, dikatakan belum sempurna. Namun, upayakan akan terus berkembang seiring dengan pengalamannya membuat. Tak hanya itu, guru juga dapat mendesain latihan kerja dan menyusunnya sekreativitas mungkin. Dengan desain semenarik mungkin dapat membantu meningkatkan minat murid dalam belajar. 

Menyampaian materi secara terstruktur


Guru yang telah berhasil menyusun bahan ajar sendiri akan memudahkan dalam menyampaikan materi saat pembelajaran. Apalagi dari penyajian materi merupakan perpaduan hasil nalar dan referensi dari berbagai sumber. Tak heran, guru dapat menguasai materi ajar yang berdampak terhadap gaya mengajar, metode, dan strategi pembelajaran. Oleh karena itu, cara berkomunikasi mudah dipahami oleh murid. Murid merasa mudah beradaptasi dan belajar menjadi enjoi

Model peran

Banyak sekali guru mengembangkan kemampuan menulis hingga menjadi seorang penulis dan berdaya. Hal tersebut dapat menjadi model yang dapat menginspirasi murid untuk terus belajar mengembangkan diri dan mencontoh gurunya tersebut.

Menyampaian praktik baik

Kita banyak belajar dari guru yang kreatif dan inovatif dalam menghadirkan pembelajaran penuh makna. Melalui tulisan yang ditulisanya sebagai wujud nyata dari pengalaman mengajar maka praktik baik tersebut sangat bermanfaat bagi guru lain yang ingin mengembangkan sebuah inovasi mengajar yang menarik. Untuk itu, penting bagi seorang guru dapat menuliskan pengalamannya agar orang lain dapat mengaplikasikan dan berdampak pada pengajaran yang diberikan kepada murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun