Mohon tunggu...
Toni Ahmad Subekti
Toni Ahmad Subekti Mohon Tunggu... Pembelajar

Tidak pandai merangkai kata, Namun sedang berusaha mencoba.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menilik Format European Super League

20 April 2021   12:08 Diperbarui: 20 April 2021   12:18 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menilik Format European Super League
Sumber: thesuperleague.com

Bagi anda penggemar sepak bola, khususnya liga champions, ini mungkin sedikit membuat anda terkejut. Pasalnya tandingan liga champions ini sudah terang-terangan dan ingin segera menggulirkan kompetisi. Kompetisi ini bahkan sudah resmi diumumkan pada 18 April 2021. Isu yang beredar menyebutkan akan bergulit di pertengahan tahun ini, Agustus 2021. Walaupun sebenarnya banyak penolakan dari berbagai pihak terutama dari UEFA sendiri. UEFA mengecam ide gila ini dan mengancam bagi siapa saja tim yang ikut serta tidak di perbolehkan mengikuti kompetisi yang di selenggarakan UEFA, bahkan pemain nya pun juga di banned tidak boleh turut serta membela Timnas mereka masing-masing.

Nah, isu yang hangat ini masih menjadi permbincangan yang luar biasa, alangkah baiknya jika kita meniliki seperti apa sih format liga super eropa ini. Menurut website www.thesuperleague.com dijelaskan secara ringkas format liga super ini. Dimana website ini masih perlu verifikasi apakah merupakan website resmi dari ide kompetisi tersebut. Uniknya mereka punya misi yang tecantum dalam website tersebut berunyi "The best Club, The best Player, every week". Luar biasa. Ambisi mereka ingin membuat kompetisi yang isinya hanya klub-klub besar disetiap minggunya, tidak lain karena ingin duit sih sebenarnya. Curang, tapi menarik. berikut penjelasan ringkas formatnya.

Format Kompetisi

Liga Super adalah kompetisi Eropa baru antara 20 klub top yang terdiri dari 15 pendiri dan 5 kualifikasi tahunan. Akan ada dua Grup yang masing-masing terdiri dari 10 klub, memainkan pertandingan kandang dan tandang dalam Grup setiap tahun. Dengan menyatukan klub dan pemain terbaik di dunia, Liga Super akan menghadirkan kegembiraan dan drama yang belum pernah ada sebelumnya di sepak bola.

8 Klub Top
Setelah penyisihan grup, 8 klub akan lolos ke turnamen sistem gugur, bermain kandang dan tandang sampai kejuaraan Liga Super pertandingan tunggal, dalam akhir musim yang dramatis selama empat minggu.

Permainan Mid-Week

Pertandingan akan dimainkan pertengahan minggu, dan semua klub akan tetap berada di liga domestik mereka

Solidaritas dan Keberlanjutan
Pembayaran solidaritas akan tumbuh sejalan dengan pendapatan liga dan diharapkan melebihi 10 miliar selama periode komitmen awal para pendiri. Pembayaran solidaritas ini akan mengikuti model baru dengan transparansi penuh dan pelaporan publik reguler.

Kesimpulannya dapat kita lihat bahwa format yang akan dilaksanakan cenderung menguntungkan klub-klub pendiri karena mereka punya imun di kompetisi ini. Artinya, mereka bisa selalu ikut serta dan mendapatkan keuntungan yang melimpah. sekian dan terima kasih.

#Europeansuperleague

#LigaChampions

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x