Mohon tunggu...
Subakti Indrajaya
Subakti Indrajaya Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang guru bagi diri saya sendiri dan semoga bisa menjadi guru yang baik bagi anak-anak, istri dan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practice Pengalaman PPG Daljab 2022

8 Desember 2022   18:45 Diperbarui: 8 Desember 2022   19:00 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bismillahirrahmanirrahiim

Best Practice (disebut juga praktik baik) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman terbaik tentang keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas profesinya.

Menyusun Cerita praktik baik( best practice) menggunakan Metode STAR atau Situation (Situasi), Task (Tugas/tantangan), Action (Aksi), dan Reflection (Refleksi dan Dampak) terkait pengalaman mengatasi permasalahan dalam pembelajaran.

Pengalama terbaik yang saya dapatkan dalam mengikuti PPG ini dimana saya mendapatkan situasi yang dipaksa untuk terus mengikuti proses pembelajaran, situasi dimana saya mendapatkan lingkungan yang positif, kebersamaan, persepsi dan frekuensi yang sama melahirkan semangat saya untuk medapatkan ilmu yang disampaikan oleh dosen, guru pamong dan rekan mahasiswa lainnya. Saya bisa mengetahui keadaan awal adalah bagian dari situasi yang akan menjadi pembanding dengan keadaan berikutnya paska pembelajaran.

Dalam kegiatan perkuliahan PPG ini saya mendapatkan tugas dan tantangan-tantangan yang dihadapi untuk mengasah dan menambah pengetahuan yang pada awalnya saya sulit mengerjakannya menjadi terbiasa untuk menyelesaikannya.

Selain saya bisa mengetahui, memahami materi-materi yang diberikan oleh dosen pembimbing saya juga diberikan kesempatan untuk bisa mempraktikannya dan  itu adalah bentuk aksi nyata dari rentetan kegiatan PPG dalam rangka menguji konsep yang saya dapatkan sehingga saya bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan konsep pembelajaran yang saya rencanakan. 

Kelebihan yang saya dapatkan bisa menjadi motivasi bagi diri saya sendiri atau bisa juga menjadi bahan referensi atau inspirasi bagi orang lain, kekurangan yang saya alami dijadikan refleksi dan evaluasi dalam melakukan perbaikan diri.

Dengan segala usaha dan keterbatasan yang saya miliki, saya dapat merasakan hasil manfaat dari Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan ini. Saya mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman konsep mengajar yang baik dengan bimbingan dosen-dosen dan guru pamong yang luar biasa.

Semoga dengan pengalaman yang saya dapatkan saya bisa bermanfaat dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di sekolah saya nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun