Mohon tunggu...
Suardi Syamsuddin
Suardi Syamsuddin Mohon Tunggu... Administrasi - Pns di Pemkab Pinrang

Selain bekerja, profesi saya yang lain adalah nertani. Sebagai seorang pecinta literasi, saya juga hobby menulis. Kegiatan ini saya lakukan pada saat senggang

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Gerdal Tikus di Kecamatan Mattiro Bulu, Dihadiri Langsung oleh Bupati Pinrang

16 Juni 2022   12:27 Diperbarui: 16 Juni 2022   13:00 89 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bupati Pinrang Irwan Hamid yang didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Propinsi Sulawesi Selatan melakukan gerakan pengendalian  hama tikus bersama 5 kelompoktani di kecamatan Mattiro Bulu, Kamis(16/06/2022).

Gerakan pengendalian yang dilakukan sebelum melakukan pertanaman ini, menurut Irwan Hamid saat memberikan bantuan pestisida kepada petani yang hadir adalah simultan dan bersama-sama dengan tujuan untuk memutus siklus hidup hama tikus yang selalu mengancam tanaman.

"Sebelum melakukan pertanaman, petani secara bersama-sama harus terlebih dahulu melakukan pengendalian hama tikus agar siklus hidup hama yang selalu mengancam petani menjadi terputus, sehingga tidak merusak tanaman para petani." Kata Irwan Hamid.

Andi Tjalo Kerrang, Kepala Dinas Tanamam Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang yang ditemui dilokasi mengatakan, bahwa tikus adalah salah satu hama yang dapat mengakibatkan terjadinya gagal panen dan memberikan kerugian kepada petani, olehnya perlu dilakukan pengendalian sedini mungkin.

"Untuk mengendalikan serangan hama tikus, perlu ada gerakan bersama-sama secara serentak pada saat dimulai pengolahan lahan. Salah satunya melakukan penyiraman dan pengemposan pada lubang-lubang yang aktif, juga membersihkan tanggul-tanggul saluran." kata Andi Tjalo.

Gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus ini juga dihadiri oleh Kepala IP3OPT Tiroang, Kepala Bidang Penyuluhan Distanhorti, Camat Mattiro Bulu, PPK, PPL, Babinsa, Babinkamtibmas Kecamatan Mattiro Bulu dan anggota Buser OPT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan