Mohon tunggu...
Suara Ungaran
Suara Ungaran Mohon Tunggu...

KABAR DAN MENGABARI

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tim KKN Undaris Gelar Pelatihan Pembuatan Martabak

30 Agustus 2015   00:30 Diperbarui: 30 Agustus 2015   07:55 0 0 0 Mohon Tunggu...

UNGARAN -  Tim KKN UNDARIS Desa Munding menyelenggarakan pelatihan martabak di dusun cemanggal, desa munding, kecamatan bergas, kabupaten semarang (19/8), kegiatan ini menghadirkan pembuat dan penjual martabak sebagai tutor pelatihan.

Dosen pembimbing tim KKN UNDARIS desa munding Akhmad Ilman Nafia, M.Pd.i, di sela – sela kegiatan pelatihan pembuatan martabak menjelaskan, pertimbangan pemilihan makanan martabak ini dikarenakan di lingkungan desa munding, khususnya desa cemanggal, karena hampir seluruhnya adalah petani onclang, sehingga kami bermaksud agar masyarakat dusun cemanggal ini mampu menjadikan onclang tidak hanya dijual mentah, namun juga akan memberikan pilihan kepada masyarakat untuk mengolahnya dalam bentuk makanan yaitu martabak, sehingga tentunya akan menambah penghasilan.

Koordinator desa bali menambahkan “Dari situlah kemudian peserta KKN melihat ada potensi yang sebenarnya bisa digarap, yakni mengolah onclang untuk menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan menghasilkan,” terangnya.

Memang prosesnya tidak mudah, dan dibutuhkan latihan yang tidak singkat, seperti saat membuat adonan martabak menjadi bulat sebelum digoreng, dari pengamatan saya masyarakat cukup mengalami kesulitan, meskipun sulit dengan bimbingan dari tutor akhirnya banyak yang berhasil.

“Sebab jika tidak maka hasil produksinya akan tidak maksimal, sehingga nilai ekonomisnya pun juga kurang maksimal,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala desa munding ibu Dani menjelaskan, pelatihan pembuatan martabak yang dilakukan tim KKN UNDARIS sudah cukup bagus, hal tersebut benar benar membantu dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat desa munding desa cemanggal

“Tentunya nilai positif yang bisa diambil adalah apabila kegiatan ini bisa menghasilkan sesuatu yang tentunya bisa mendukung taraf perekonomian bagi masyarakat setempat,” terangnya.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x