Mohon tunggu...
Stevanus Nugrahanto
Stevanus Nugrahanto Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana

Agribisnis UKSW'19 @stevanus_nugrahanto 083107952619

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pemanfaatan Singkong sebagai Makanan Khas Kota Salatiga

22 September 2019   23:28 Diperbarui: 23 September 2019   00:23 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pemanfaatan Singkong sebagai Makanan Khas Kota Salatiga
sumber : www.endeus.tv

Apa yang ada dipikiran anda tentang "Singkong"?Singkong (Menihot utilissima) atau lebih dikenal dangan umbi adalah makanan pokok penghasil karbohidrat dan daun nya dimanfaatkan sebagai sayuran.

Singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat tetapi memiliki kandungan protein yang rendah.Selain itu singkong juga mengandung serat pangan yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah sembelit,mengandung mineral cukup banyak yang diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan,mengandung vitamin C,vitamin E, dan folat untuk melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi resiko komplikasi selama kehamilan,selain itu singkong dapat mengatasi diare.Bagi anda yang ingin menguruskan badan atau diet singkong sangat dianjurkan.

Singkong paling banyak ditemukan di Indonesia ,salah satunya terdapat di Salatiga.Karena kemudahan nya menanam sehingga banyak penduduk Salatiga menanam singkong.

Penanaman nya mudah cukup ditanamkan saja batang nya dengan kedalam 10-15cm,lalu singkong akan tumbuh dengan sendirinya tanpa perawatan dan penggunaan pupuk.Setelah itu tunggu beberapa bulan kemudian singkong dapat dipanen.Cukup mudah bukan?

Batang singkong dapat tumbuh hingga mencapai 1,5 -- 4 meter tinggi dengan lebar 2 hingga 4cm.Dan ukuran singkong rata-rata bergaris tengah 2-3cm dan panjang 20-60cm.Akar singkong masuk dalam tanah dengan kedalaman 0,5 - 0,6 meter dan akar tersebut dimanfaatkan untuk menyimpan cadangan makanan.

Singkong dapat dimakan langsung atau mentah,tetapi juga dapat dimakan dengan cara direbus,digoreng,dipanggang,atau dibakar.Singkong dapat diolah menjadi tepung,tape,cake singkong dan dibuat kolak.

Jika anda berkunjung ke Kota Salatiga dan tidak tahu ingin membeli oleh-oleh khas Salatiga apa?Di Kota Salatiga selain gethuk kethek,enting- enting gepuk,kripik paru dan ampyang/gula kacang, Singkong dijadikan sebagai makanan khas kota salatiga.Karena dengan cara menggolahnya dengan bumbu yang dicampuri keju dan beberapa varian rasa menghasilkan rasa yang berbeda dari singkong biasanya.Singkong keju ini diminati baik penduduk Kota Salatiga maupun luar kota.

Sumber : www.bukalapak.com
Sumber : www.bukalapak.com

Salah satu singkong keju di Kota Salatiga adalah Singkong Keju D9.Selain karena rasanya yang khas singkong keju d9 ini juga terkenal karena cerita pendiri nya yang unik.Singkong keju d9 didirikan oleh Pak hardadi.Sebelum memulai usaha ini Pak Hardadi adalah seorang mantan narapidana,

Pak Hardadi dihukum karena penyalahgunaan narkoba.Sehingga Pak Hardadi di beri hukuman penjara selama 6 bulan di Lembaga Penyalahgunaan Masyarakat kelas I di Surakarta,dan ditempatkan di blok D dengan nomor 9.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2