Media

Kreativitas Mimin Jouska

15 Mei 2018   18:37 Diperbarui: 16 Mei 2018   09:40 477 0 0

Media sosial merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Kehadiran media sosial membawa kesegaran bagi para penggunanya. Tidak hanya itu media sosial bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan mencari lapangan pekerjaan.

Salah satu lapangan pekerjaan tersebut adalah sebagai admin di media sosial. Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar mencari karyawan yang nantinya akan berkerja sebagai admin di media sosial yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu, admin menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat.

Social Media Admin atau biasanya disebut admin atau mimin adalah seseorang yang berada di balik akun media sosial yang bertugas merancang konten tulisan, mempostingnya, dan merespon setiap komentar yang masuk melalui akun media sosial yang dipegang.

Peran dari social media admin sangat dibutuhkan terutama bagi akun perusahaan bisnis, mulai dari stratup hingga merek perusahaan besar. Secara umum, social media admin bertanggung jawab untuk melakukan engagement terhadap konsumen melalui media sosial.

Seorang social media admin harus mampu untuk menjaga keseimbangan. Di satu sisi, mereka harus bisa menjaga nama baik perusahaan seperti memposting konten yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh perusahaan. Di sisi lain, mereka juga harus bisa menjadi perantara komunikasi antara masyarakat dengan perusahaan yang memberi masukan atau saran mengenai perusahaan tempat mereka bekerja.

Oleh karena itu, menjadi admin harus memiliki beberapa kriteria seperti:

Pertama, kemampuan berkomunikasi via tulisan dengan masyarakat dengan mengetahui seluruh latar belakang perusahaan.

Kedua, mengemas konten dengan menarik untuk diposting di media sosial. Sehingga banyak masyarakat yang tertarik dengan postingan tersebut.

Ketiga, bisa mengatur jadwal untuk konten-konten apa saja yang akan di posting di akun media sosial perusahaan setiap harinya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang mulai mencari karyawan yang akan bekerja sebagai admin di akun media sosial perusahaan mereka. Selain itu bekerja sebagai admin untuk suatu perusahaan adalah pekerjaan yang menjanjikan.

Namun, harus tetap memiliki kemampuan yang memumpuni juga. Seperti kreatifitas dalam membuat konten, tidak meniru dari media sosial lain, bisa mengatur konten apa saja yang akan diposting di akun media sosial, dan lain sebagainya.

Salah satu akun media sosial yang saat ini menjadi perbincangan adalah JOUSKA_ID. Akun tersebut adalah suatu perusahaan konsultan keuangan independen. Dimana jouska sendiri memiliki klien-klien yang berpenghasilan tinggi namun sulit untuk mengatur keuangan mereka.

Jouska_ID menjadi perbincangan karena admin atau yang biasa disebut dengan MJ (Mimin Jouska) mampu membuat konten yang menarik perhatian bagi masyarakat yang mengikuti akun tersebut.

Jouska sendiri memiliki dua akun di media sosial yaitu twitter dan instagram. Namun, yang aktif digunakan adalah instagram dimana mereka aktif melalui instastory dengan memposting cerita-cerita dari klien mereka.

Mimin Jouska sendiri setiap hari memiliki topik pembicaraan yang akan dibahas di media sosial yang berhubungan dengan keuangan. Seperti yang kita ketahui terkadang membahas keuangan kita akan merasa pusing, namun melalui akun jouska sendiri mereka membahas permasalahan keuangan dengan cara yang sederhana dan dapat dipahami oleh seluruh kalangan.

Mimin Jouska sendiri kadang memberi pancingan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada audiens dimana nantinya audiens akan aktif memberikan jawaban melalui DM (Direct Message) di instagram. Dan nantinya hasil dari jawaban tersebut akan dipostingan dan disimpulkan oleh Mimin Jouska.

Namun, saat ini JOUSKA_ID hanya aktif di media sosial instagram saja melalui fitur instastory. Dimana seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan instagram daripada twitter.