Mohon tunggu...
Inovasi

Kreativitas Mimin Jouska

15 Mei 2018   18:37 Diperbarui: 16 Mei 2018   09:40 1223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Media sosial merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Kehadiran media sosial membawa kesegaran bagi para penggunanya. Tidak hanya itu media sosial bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan mencari lapangan pekerjaan.

Salah satu lapangan pekerjaan tersebut adalah sebagai admin di media sosial. Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar mencari karyawan yang nantinya akan berkerja sebagai admin di media sosial yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu, admin menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat.

Social Media Admin atau biasanya disebut admin atau mimin adalah seseorang yang berada di balik akun media sosial yang bertugas merancang konten tulisan, mempostingnya, dan merespon setiap komentar yang masuk melalui akun media sosial yang dipegang.

Peran dari social media admin sangat dibutuhkan terutama bagi akun perusahaan bisnis, mulai dari stratup hingga merek perusahaan besar. Secara umum, social media admin bertanggung jawab untuk melakukan engagement terhadap konsumen melalui media sosial.

Seorang social media admin harus mampu untuk menjaga keseimbangan. Di satu sisi, mereka harus bisa menjaga nama baik perusahaan seperti memposting konten yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh perusahaan. Di sisi lain, mereka juga harus bisa menjadi perantara komunikasi antara masyarakat dengan perusahaan yang memberi masukan atau saran mengenai perusahaan tempat mereka bekerja.

Oleh karena itu, menjadi admin harus memiliki beberapa kriteria seperti:

Pertama, kemampuan berkomunikasi via tulisan dengan masyarakat dengan mengetahui seluruh latar belakang perusahaan.

Kedua, mengemas konten dengan menarik untuk diposting di media sosial. Sehingga banyak masyarakat yang tertarik dengan postingan tersebut.

Ketiga, bisa mengatur jadwal untuk konten-konten apa saja yang akan di posting di akun media sosial perusahaan setiap harinya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang mulai mencari karyawan yang akan bekerja sebagai admin di akun media sosial perusahaan mereka. Selain itu bekerja sebagai admin untuk suatu perusahaan adalah pekerjaan yang menjanjikan.

Namun, harus tetap memiliki kemampuan yang memumpuni juga. Seperti kreatifitas dalam membuat konten, tidak meniru dari media sosial lain, bisa mengatur konten apa saja yang akan diposting di akun media sosial, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun