Edukasi

Introduction Multimedia

30 Mei 2018   04:06 Diperbarui: 30 Mei 2018   04:52 311 1 0

Kata Multimedia pasti sudah tidak terdengar asing lagi ditelinga kita,

                Multimedia berasal dari kata 'multi' yang berarti banyak; bermacam-macam , dan 'medium' yang berarti sarana atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu.

  • Definisi Multimedia

Definisi multimedia menurut beberapa ahli:

1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)

2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)

3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)

5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

                Multimedia merupakan media yang menggunakan beberapa bentuk konten informasi dan pemrosesan informasi seperti teks, audio, grafik, animasi, video, interaktivitas yang bertujuan untuk menginformasikan atau menghibur para pengguna.

Elemen-elemen multimedia, terdiri dari :

  • Teks

Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks dapat berupa huruf, kata, surat atau narasi dan juga merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat.

  • Grafik (gambar)

Grafik digunakan untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.

  • Audio

Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.

  • Video

Video merupakan multimedia yang menampilkan tampilan gambar bergerak yang telah direkam sebelumnya.. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.

  • Special effect

Special effect merupakan media yang dalam penampilan visualnya menyajikan efek-efek khusus yang dibuat melalui berbagai software pendukung multimedia. Tujuannya untuk memperindah tampilan visual dari objek yang ditampilkan.

  • Animasi

Animasi adalah multimedia yang menampilkan simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.

  • Multimedia dapat dibagi secara luas menjadi kategori linier dan non linier. Linier

konten aktif berkembang tanpa kontrol navigasi untuk pemirsa seperti bioskop presentasi. Konten non linier menawarkan interaktivitas pengguna untuk mengendalikan kemajuan seperti yang digunakan permainan komputer atau digunakan dalam pelatihan berbasis komputer sendiri. Konten non linier adalah juga dikenal sebagai konten hypermedia. Presentasi multimedia bisa ditayangkan atau direkam. Presentasi multimedia langsung memungkinkan interaktivitas melalui interaksi dengan presenter atau pemain.

  • Pengaplikasian Multimedia

                Multimedia dapat difungsikan diberbagai bidang seperti Televisi, Periklanan, Radio, Dokter, Perfilman, Pendidikan, Kesehatan, Bisnis, dan aplikasi kehidupan sehari-hari.