Mohon tunggu...
Stefan Martin
Stefan Martin Mohon Tunggu... Professional Writer

Find the most inspiring insights on my articles. I usually write about tips & trick, financial tips, lifestyle, automotive, and general.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Cara Mengatasi Toilet Mampet Tanpa Perlu Memanggil Tukang

31 Oktober 2020   12:05 Diperbarui: 31 Oktober 2020   12:18 19 1 0 Mohon Tunggu...

Toilet merupakan salah satu benda yang sering kita gunakan sehari-hari. Tanpa kita sadari, kita menggunakannya terus menerus tanpa memperhatikan kondisinya. Sehingga, ketika rusak atau mengalami mampet, barulah kita panik dan cepat-cepat menghubungi jasa sedot wc.

Padahal ada cara mengatasi wc mampet tanpa harus menggunakan jasa profesional loh. Dan caranya tergolong cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan effort yang tinggi dalam melakukannya.

Bagaimana caranya? Simak informasi berikut ini:

Memperbaiki Toilet Mampet dengan Garam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi wc kamar mandi yang mampet adalah dengan menggunakan garam. Caranya juga sangat mudah,anda hanya perlu memasukkan garam ke dalam lubang toilet dan membiarkannya selama 8 jam.

Garam yang digunakan biasanya adalah garam batu. Namun Anda juga bisa menggunakan garam dapur jika tidak ada. Tapi Anda harus menambahkan baking soda supaya hasilnya lebih maksimal. Adapun takaran yang digunakan adalah secangkir garam dapur atau garam batu ditambah satu sendok makan baking soda.

Kemudian taburkan saja secara langsung ke dalam lubang toilet. Tunggu hingga 8 jam dan kemudian siram dengan air bersih setelahnya. Dipastikan toilet yang mampet akan segera lancar kembali. Jika belum, mungkin Anda perlu cara yang lebih keras lagi.

Menggunakan Soda Api untuk Mengatasi Macet pada Sebuah Toilet

Tidak hanya garam saja, Anda juga bisa menggunakan sebuah soda api. Trik mengatasi toilet mampet satu ini tidak kalah mudah untuk Anda lakukan. Namun biasanya penggunaan soda api ini jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan garam. Saat ini sudah ada soda api khusus toilet yang bisa Anda beli di toko.

Karena merupakan salah satu bahan kimia, soda api ini akan memunculkan reaksi khusus saat bersentuhan dengan air. Mereka akan memunculkan gelembung khusus yang akan menghancurkan zat penyumbat di toilet Anda. Apalagi jika penyumbat tersebut adalah penyumbat organik.

Soda api akan larut dalam air meskipun bentuknya padat. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat memasukkannya dalam jumlah banyak ke saluran pembuangan. Selain itu penggunaan soda api ini juga terbilang aman untuk digunakan oleh awam.

Mengatasi Mampet pada Toilet dengan menggunakan sabun cuci piring

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sebuah toilet yang mampet adalah dengan memasukkan sabun cuci piring ke dalam saluran pembuangan toilet itu sendiri. Biasanya trik mengatasi toilet yang mampet satu ini sangat efektif untuk mengatasi saluran wc yang mampet karena sumbatan pembalut, tissue, atau sampah non organik lainnya.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Pertama Anda hanya perlu menyiapkan sabun cuci piring secukupnya. Lebih direkomendasikan untuk memilih suatu sabun cuci piring yang memiliki tekstur cair. Kemudian masukkan sabun cuci piring tersebut ke dalam lubang wc. Tapi sebelumnya kurangi dulu volume air pada toilet tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x