Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Cara dan Pentingnya Mengatur Skala Prioritas Kebutuhan

26 Mei 2021   18:32 Diperbarui: 30 Mei 2021   10:00 575 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara dan Pentingnya Mengatur Skala Prioritas Kebutuhan
Pentingnya Mengatur Skala Prioritas Kebutuhan (Pexels)

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti erat kaitannya dengan skala prioritas. Entah menyangkut pekerjaan, kebutuhan, hingga studi. Melalui artikel ini, saya akan mengulas pentingnya mengatur skala prioritas kebutuhan.

Saya mulai menyadari pentingnya mengatur skala prioritas kebutuhan saat masuk dunia perkuliahan. Saya merantau ke luar kota, jauh dari pantauan orang tua dan dipercaya untuk mengatur segala sesuatunya sendirian. 

Sejak awal mendaftar kuliah, mencari kosan, hingga mempersiapkan kebutuhan sehari-hari selama di perantauan saya melakukannya sendirian. 

Oleh karena itu, saat pertama kali mencoba merantau, saya sedikit terkejut dan kesulitan saat mengatur keuangan. "kok boros banget, ya?" "Lah, ngapain beli ini kan udah punya?" 

Hal-hal seperti boros, suka membeli barang yang 'enggak penting-penting banget' kemudian menyadarkan saya akan pentingnya mengatur skala prioritas kebutuhan.

Baca juga: Ide Bisnis Usaha Sampingan Anak Kuliahan

Apa itu skala prioritas kebutuhan?

Skala prioritas secara umum dipahami sebagai sesuatu yang dianggap paling penting dan menjadi yang utama. Maka jika dikaitkan dengan skala prioritas kebutuhan, kita dapat menyebutnya sebagai kebutuhan yang diurutkan mulai dari yang terpenting hingga yang secondary (sifatnya kebutuhan tidak wajib). 

Mengatur skala prioritas kebutuhan nyatanya sangat membantu saya dalam mengatur kebutuhan sehari-hari. Saya jadi bisa memilah apa saja yang harus segera dipenuhi hingga dapat menahan diri untuk tidak sembarangan membeli sesuatu.

Pentingnya mengatur skala prioritas kebutuhan

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, mengatur skala prioritas kebutuhan membantu saya untuk terhindar dari gaya hidup boros dan dapat mengendalikan diri terhadap nafsu membeli barang-barang. Selain itu, pentingnya mengatur skala prioritas kebutuhan adalah sebagai berikut.

- Salah satu strategi yang baik dalam mengatur keuangan 

Mengatur keuangan untuk kehidupan sehari-hari tidaklah mudah. Jika tidak menggunakan skala prioritas kebutuhan, maka kita bisa tergiur mengalokasikan uang kita terhadap sesuatu yang dirasa kurang penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x