Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Olahan Jamur Matsutake yang Harganya Mahal

17 Mei 2021   17:33 Diperbarui: 17 Mei 2021   17:44 74 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olahan Jamur Matsutake yang Harganya Mahal
Olahan Jamur Matsutake yang Harganya Mahal (Pixabay)

Berawal dari menonton salah satu episode Crayon Shinchan, saya mengetahui keberadaan jamur matsutake yag terkenal sangat mahal di Jepang. Di episode tersebut, mamanya Shinchan didatangi oleh tetangga yang mengantar dua buah jamur matsutake kecil. Hanya dua buah saja, loh! Tapi di animasi tersebut diceritakan Mama Shinchan sangat bahagia sampai menelepon ayah Shinchan untuk segera pulang. 

Dengan hati-hati ia berbisik: "kita dapat jamur matsutake", dan dibalas dengan kekagetan Ayah Shinchan, katanya: "kapan lagi menikmati jamur istimewa seperti jamur matsutake?"

Kemudian Mama Shinchan memasak 'gohan matsutake', beras dimasak dengan campuran bumbu dan potongan jamur matsutake yang aromanya sangat wangi dan semerbak. 

Baca juga: Bahan Makanan Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Geleng-geleng oleh Linda Tan

Namun, bukan Shinchan namanya jika tidak membuat keributan. Berawal dari rasa penasaran mencicipi nasi masakan mamanya, ia kaget bukan main karena nasi jamur matsutake ternyata sangat enak. Animasi tersebut berakhir dengan lenyapnya potongan jamur matsutake yang habis disantap oleh Shinchan.

Adegan yang ditunjukkan di salah satu episode Shinchan adalah bentuk gambaran nyata bahwa jamur matsutake dianggap sebagai salah satu makanan mewah yang harganya sangat mahal.

Mengapa jamur matsutake harganya sangat mahal?

Jamur matsutake diperkirakan sudah ada selama ribuan tahun. Selain itu, keberadaan jamur matsutake saat ini sangat langka dan jarang ditemukan,. Untuk mencari jamur matsutake juga harus melalui medan yang tidak mudah. Tempatnya sangat susah dijangkau dan penuh risiko. 

Tidak hanya langka, jamur matsutake terkenal memiliki cita rasa kuat yang pasti enak! Aromanya yang wangi dan istimewa membuat jamur matsutake menjadi salah satu bahan makanan yang termahal di dunia. 

Ilustrasi jamur langka dan mahal (Pixabay)
Ilustrasi jamur langka dan mahal (Pixabay)
Harga jamur matsutake berkisar Rp. 4 juta - Rp. 8 juta rupiah. Semakin langka, semakin mahal. Jadi makin penasaran kepingin mencicipi, ya!

Baca juga: 10 Makanan Termahal di Dunia oleh Clara Cindy

Aturan orang Jepang saat memasak jamur matsutake

Dilansir Honest Food, ternyata ada aturan tersendiri bagi orang Jepang saat memasak jamur matsutake. Berikut aturannya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x