Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tempat Wisata Rohani Umat Kristiani di Yerusalem

13 Mei 2021   16:59 Diperbarui: 13 Mei 2021   17:01 382 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tempat Wisata Rohani Umat Kristiani di Yerusalem
Tempat Wisata Rohani Umat Kristiani di Yerusalem (Pexels)

Tepat pada hari ini (13/05/2021) bersamaan dengan perayaan hari besar Idul Fitri, umat Kristiani juga bersukacita karena hari ini memperingati kenaikan Isa Almasih. Dua hari besar yang terjadi secara bersamaan adalah momen yang indah. Umat Muslim dan umat Kristiani saling menyampaikan ucapan selamat  serta menghantarkan doa dan harapan. 

Kenaikan Isa Almasih/Yesus Kristus adalah hari raya besar dimana Umat Kristiani mengingat kembali saat Isa Almasih naik ke surga. Setelah mati disalib dan bangkit setelah tiga hari, Isa Almasih menetap dan mengajar murid-muridnya selama 40 hari. Setelah itu, seperti yang tertulis pada Injil di Kitab Perjanjian Baru, Isa Almasih terangkat naik ke sorga disaksikan oleh murid-murid dan para pengikutnya.

Saya bersyukur dengan momen yang indah pada hari ini. Termasuk merenung jika suatu saat dapat mengunjungi tempat suci dimana Yesus Kristus dahulu tinggal dan menyatakan mujizat. Salah satunya adalah di Yerusalem.

Baca juga: Melihat Langsung Bukti Penyaliban Zaman Yesus di Yerusalem, Tak Seseram Film Mel Gibson oleh Ruang Berbagi

Tempat dan kota suci bagi beberapa umat beragama yang paling terkenal berada di Yerusalem. Ada banyak tempat dan kota suci bagi agama Yahudi, Kristiani dan umat Muslim yang letaknya di sana. Yerusalem biasanya disebut sebagai 'holyland' atau kota suci dan jadi destinasi untuk berziarah. 

Beberapa tempat wisata rohani umat Kristiani di Yerusalem:

Taman Getsemani

Taman Getsemani diceritakan di Kitab Suci umat Kristiani bahwa sebelum Yesus Kristus ditangkap untuk disalibkan, Ia berdoa sambil menangis di Taman Getsemani.

Pohon Zaitun di Taman Getsemani (Pexels)
Pohon Zaitun di Taman Getsemani (Pexels)
Taman getsemani terletak di Yerusalem dan menjadi salah satu pusat ziarah bagi umat umat Kristiani. Di sana, dipercaya tumbuh pohon Zaitun tua yang diperkirakan sudah berusia 900 tahun.

Bukit Golgota dan Kubur Kosong

Bukit Golgota terletak di yerusalem, di luar tembok kota dan dipercaya sebagai tempat dimana Yesus Kristus disalibkan. Setelah mati disalibkan di Bukit Golgota, Yesus Kristus dikuburkan kemudian setelah 3 hari ia bangkit dan meninggalkan kubur kosong. 

Puncak Golgota di Yerusalem (Kompasiana/Dok. Pribadi Monika Ekowati)
Puncak Golgota di Yerusalem (Kompasiana/Dok. Pribadi Monika Ekowati)
Bukit Golgota dan Kubur Kosong di Yerusalem hingga saat ini masih ada dan menjadi salah satu destinasi wisata ziarah bagi umat Kristiani. 

Baca juga: Di Golgota Imamat Kudus Tertahbiskan oleh Monika Ekowati

Kolam Betesda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x