Mohon tunggu...
Stefan Sikone
Stefan Sikone Mohon Tunggu... Guru - Mengajar di SMAN 1 Tengaran - Kab. Semarang dan Entreprenuer Bisnis Online

Saya senang menulis dan mengamati bisnis online. Saya berlayar di 3 pulau ilmu berbeda: filsafat, ekonomi manajemen, komputer. Mendirikan LPK TIKTokbes untuk memberikan pendidikan dan latihan gratis bisnis online bagi masyarakat yang berminat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SMAN 1 Tengaran Gelar Apel Pembukaan Tahun Pelajaran 2022/2023

12 Juli 2022   06:00 Diperbarui: 12 Juli 2022   07:07 192 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumen Bapak Muhammad Rohib Hirzi, S.Pd

Hari pertama pelajaran tahun 2022/2033 dimulai pada hari Senin,  11 Juli 2022. Mengawali tahun pelajaran ini, semua guru dan  siswa SMA Negeri 1 Tengaran kabupaten Semarang, mengadakan apel pembukaan, sekaligus Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (selanjutnya digunakan istilah MPLS) bagi peserta siswa  baru kelas X di lapangan upacara SMAN 1 Tengaran.  

Bapak Wiyono, S.Pd, M.Si sebagai ketua panitia MPLS dalam sambutannya melaporkan kepada kepala sekolah dan semua peserta apel bahwa  “tema MPLS     tahun 2022/2023 adalah Bangkit,  Berlari Menggapai Prestasi dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila.  Peserta MPLS tahun 2022/2023 ini sebanyak 391 siswa.  MPLS  tahun ini diarahkan untuk kebangkitan satuan pendidikan di tengah keprihatinan pandemi yang belum berakhir, bergerak dan berkolaborasi dengan seluruh satuan pendidikan, berinovasi selaras dengan era revolusi industri untuk mewujudkan pencapaian prestasi terbaik dalam kecintaan terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk:  1)  membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, 2) mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah, 3) memperkenalkan dan menambah wawasan siswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia secara optimal, 4) mengembangkan kemampuan intelektual, emosisonal, dan spiritual siswa baru dan 5) menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.”

Dokumen Bapak Muhammad Rohib Hirzi, S.Pd
Dokumen Bapak Muhammad Rohib Hirzi, S.Pd

Bapak Drs. Tri Ajar Suprapto Al Kusworo, M.Pd, Kepala Sekolah SMAN 1 Tengaran dalam sambutannya “mempertegas kepada semua peserta apel  agar  MPLS  ini benar-benar untuk pengenalan bagi peserta didik baru, dan tidak boleh ada tindakan kekerasan, bullying, intoleransi dan radikalisme.  Kegiatan MPLS harus dijadikan sebagai kegiatan menyenangkan dan bersahabat. Disampaikan juga bahwa pada tahun pelajaran 2022/2023 SMA Negeri 1 Tengaran menjadi salah satu sekolah penggerak di kabupaten Semarang. “

Dokumen Bapak Muhammad Rohib Hirzi, S.Pd
Dokumen Bapak Muhammad Rohib Hirzi, S.Pd

Lebih lanjut  ketika dihubungi ibu Sulistyarini S.Pd, M. Si., wakil kepala sekolah bidang kurikulum menjelaskan bahwa “mulai  tahun pelajaran ini diterapkan kurikulum merdeka belajar bagi  siswa kelas X.  Mata pelajarannya Kelas X (Fase E), masih umum, belum ada penjurusan. Penjurusan akan dilakukan pada kelas XI. Pembelajaran pada Kurikulum  Merdeka terdiri dari kegiatan reguler per minggu dan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila, sedangkan siswa kelas XI dan XII masih akan tetap  melanjutkan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Jadi ada dua versi kurikulum di SMAN 1 Tengaran.

Bapak Marjoko, S.Pd., M.Si., wakil kepala sekolah  bidang kesiswaan ketika ditanya tentang dasar kegiatan dan pemateri MPLS menjawab penulis bahwa “kegiatan MPLS tahun ini dilaksanakan berdasarkan peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah nomor 420/15563 tahun 2022, sedangkan pemateri berasal dari  internal sekolah, Pembina OSIS dan beberapa  guru lain dan pelaksanaanya dibantu pengurus OSIS SMAN 1 Tengaran. Sesuai jadwal yang telah dibagikan pelaksanaan MPLS di SMAN 1 tengaran dimulai tanggal 11-13 Juli 2022”.  

Semoga kegiatan MPLS  tahun pelajaran 2022/2023 ini sungguh menyenangkan bagi semua peserta agar benar-benar mengenal lingkungan sekolah SMAN 1 Tengaran yang memiliki visi Unggul dalam Prestasi, berkarakter Pancasila, Berwawasan Lingkungan, SMAN 1 Tengaran  dikenal dengan istilah palm school, green and entreprenuer school. ***

Deo Gratias

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan