Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bisnis Berkembang dengan ECHO

1 November 2021   10:42 Diperbarui: 1 November 2021   10:45 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam salah satu talkshow IG antara Pak Tung Desem Waringin dan pak Hermanto Tanoko diangkat hasil diskusi Pak Tung dengan Pak Ippho Santosa, yaitu strategi bisnis berkembang moncer dengan ECHO. Apakah ECHO itu ?

Efisien-Efektif

Pertama, jelas bisnis harus efisien dan efektif, maka mau tidak mau banyak pebisnis dan pengusaha mengusahakan bisnisnya menjadi efisien. Maka tidak heran, banyak pengusaha mengurangi jumlah karyawan, mengalihkan karyawannya menjadi bisa bekerja lebih efektif.  

Bisnis anda juga harus efisien dan efektif. Mungkin saja dalam hal ini bisa menjadi mengurangi dan mengalihkan fungsi karyawan. Saya ingat benar, ada kawan yang biasa main di weeding catering mendadak jualan online frozen dan mengubah karyawannya menjadi sales frozen food. 

Creative

Ini jelas, untuk bisa bertahan harus creatif. Dalam beberapa tulisan sebelumnya saya ceritakan bahkan yang punya usaha event organizer pun harus kreatif menyikapi bisnis nya. Ada bisnis yang tadinya hanya punya toko offline harus buka toko online, merekrut anak muda untuk bisa tetap creative.

Health-concern

Ini yang menarik. Mungkin dalam bisnis anda yang terkait dengan kuliner, retail ini sudah menjadi faktor penting, bahkan yang pertama kali harus dipersiapkan. Tapi bisnis lain juga ternyata sama. Meskipun anda berkantor saja tetap harus perhatikan faktor kesehatan. Bila tim anda sehat, customer sehat, maka bisnis anda akan tetap sehat.

Online

Berikutnya adalah faktor yang mendadak mencuat tinggi di masa pandemi, semua bisnis beralih online. Tidak sepenuhnya beralih, tapi mempersiapkan cara untuk bisa menemukan customernya secara online, mendapatkan pesanan dari online platform. 

Dan banyak hal yang bisa dilakukan dengan online. Anda yang pebisnis kuliner, gunakan Instagram dan Tiktok yang menarik.  Anda yang main di dunia B2B, gunakan facebook dan LinkedIn. Anda yang ingin mendapatkan konsumen lebih cepat, gunakan marketplace.

Semua cara diatas adalah merupakan cara dan strategi yang anda selaku pebisnis yang bisa dilakukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun