Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id dan ICT4CC.id

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Belajar dari TESLA untuk Bisnis Anda

17 Juli 2021   10:05 Diperbarui: 17 Juli 2021   12:06 70 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari TESLA untuk Bisnis Anda
webinar From Alumni to BINUSIAN - 40 Short Seminar for 40th BINUS Anniversary - 17 Juli 2021 - Koleksi Pribadi

Dalam kesempatan pagi ini saya ingin meringkas apa yang dibagikan oleh Matius Kelvin dalam materi Adopsi Inovasi Gaya Tesla dalam Bisnis Kita, bagian dari webinar series From Alumni to BINUSIAN - 40 Short Seminar for 40th BINUS Anniversary yang diadakan dari Juli hingga Oktober 2021. 

Kita belajar yang pertama adalah THINKING OUT OF THE BOX. Tesla sangat terkenal bukan hanya brandnya yang kuat, tapi juga karena produknya yang unik, inilah keberanian Tesla selama ini untuk berpikir berbeda. 

Ini yang bisa kita adopsi untuk bisnis kita. Kita harus melihat hal yang berbeda yang bisa kita lakukan dengan bisnis kita.

SIMPLE = LESS PROBLEM. TESLA juga menggunakan pendekatan yang sederhana dan mengena, dengan tujuan mengurangi kemungkinan masalah, kompleksitas masalah dibuat menjadi hal yang sederhana. Juga hal yang bisa diterapkan dalam bisnis kita, kalau bisa sederhana tapi tepat mengapa harus rumit.

HIGH INVESTMENT -> COST REDUCTION, PRODUCTION CAPACITY, NEW CAPABILITIES. Seringkali kita sebagai pengusaha ragu untuk investasi. Padahal investasi tinggi mungkin hanya sekali, tapi dampaknya jangka panjang. Pengurangan biaya, peningkatan kapasitas serta kemampuan baru, itulah yang TESLA capai.

REMOVE DEPENDENCY ON SUPPLIER. Mungkin kita akan bergantung dengan vendor atau supplier, tapi harusnya kita bisa mengatur ini dengan baik. Semakin baik kita bisa mengatur ketergantungan ini, maka bisnis kita akan semakin lincah.

CHANGE METHOD and MATERIAL for NEW SOLUTION. Bisnis kita harus sangat siap dan lincah, termasuk metode, material dan semua ini untuk membentuk solusi yang baru. 

Banyak hal menarik yang lain yang kita bisa pelajari dari TESLA, tapi dari apa yang disampaikan diatas, kita melihat kelincahan dan kelihaian TESLA dalam mengembangkan bisnisnya. Kita akan melihat hal ini ditiru oleh banyak perusahaan lain, bagaimana dengan perusahaan anda ?

Ikuti terus berbagai kegiatan webinar lainnya di Alumni Binus..

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN