Mohon tunggu...
St Atifah Ananda Usman
St Atifah Ananda Usman Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

:')

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengawali Kehidupan "Ngampus"

25 Maret 2021   09:40 Diperbarui: 25 Maret 2021   10:17 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada saat awal perkuliahan tentu saja kita akan diperkenalkan mengenai Apa itu landasan berpikir ilmiah. Ini bertujuan agar Mahasiswa dapat lebih mengetahui dan bersikap lebih bijak lagi untuk menghadapi kehidupan saat menjalani perkuliahan.

Dapat kita ketahui bahwa landasan itu sendiri merupakan cara yang paling pertama dalam melakukan sesuatu gimana ini langkah awal kita sebelum memulai. Tentu saja harus ada landasan. Landasan itu penting untuk membangun sesuatu agar lebih baik lagi untuk kedepannya.

Manusia itu sendiri diciptakan dengan kemampuan dapat berfikir, berfikir sebaik mungkin. Manusia mempunyai kemampuan menalar yang membuatnya dapat memahami atau mengenali sesuatu apapun itu, jadi manusia harus memakai nalar tersebut sebaik-baiknya dan tidak menyalahgunakan nalar tersebut agar tidak ada yang dapat dirugikan.

Dari yang saya pernah baca, penalaran itu merupakan suatu proses berpikir dalam menarik sesuatu atau suatu kesimpulan yang berupa pengetahuan, ini juga dapat menghasilkan pengetahuan yang dikaitkan dengan kegiatan berpikir dan bukan dengan perasaan dikarenakan kita dipacu untuk berpikir tidak dengan merasakan apa yang terjadi.

Tapi ini juga tidak dapat dipungkiri bahwa dengan berpikir bisa langsung disebut juga dengan penalaran. Jadi saya luruskan bahwa penalaran itu merupakan kegiatan berpikir yang kemudian mempunyai karakteristik dalam menemukan kebenaran itu sendiri.

Selain nalar manusia juga mempunyai kemampuan untuk berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu manusia dengan manusia yang lain. Nalar dan bahasa ini jika digabungkan dapat membuat manusia mengembangkan nalarnya.

Kemampuan bernalar dan berbahasa manusia jika digunakannya sebaik mungkin akan memberikan dampak positif bagi manusia itu sendiri di mana akan memberikan keuntungan baginya. Jika ia tidak menerima sesuatu begitu saja, dia bisa terhindar dari penipuan misalnya.

Dari sini kita dapat melihat bahwa nalar dan bahasa sangat menunjang dalam Bagaimana cara kita dalam berpikir secara ilmiah. Ini bermaksud agar kita dapat meramalkan dan juga mengendalikan sesuatu untuk kedepannya dan mengetahui apa yang terjadi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan