Mohon tunggu...
Sry Retnayu
Sry Retnayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar mencari moral

Sukses dimasa depan Aamiin

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bangkit Ekonomi di Tengah Pandemi melalui Berbisnis Digital

30 Juli 2021   08:42 Diperbarui: 30 Juli 2021   19:23 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bangkit Ekonomi di Tengah Pandemi melalui Berbisnis Digital
Screenshoot Akun Media Sosial bisnis Warung Bestie (Dok. Pribadi)

Pandemi Covid-19 ini membuat Indonesia menghadapi Krisis Kesehatan termasuk ekonomi. Indonesia sama seperti negara-negara lainnya yang sedang mengalami tekanan juga seperti sektor kesehatan, ekonomi, dan juga sosialnya. Hal tersebut memberikan dampak bagi seluruh masyrakat terutama masyarakat menegah ke bawah yang dimana contoh dampaknya adalah PHK dan di rumahkan.

Hal ini menjadikan salah satu upaya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus di Cibiru Prodi Pendidikan Multimedia tengah membantu salah satu masyarakat yang memiliki UMK untuk tetap bertahan pada keadaan ditengah pandemi seperti ini.

Kegiatan KKN pada tahun ini dilaksanakan oleh salah satu Mahasiswa Pendidikan Multimedia Kampus UPI di Cibiru salah satunya adalah Sry Retnayu secara mandiri.  Tujuan KKN ini adalah untuk membantu UMK Warung Bestie dengan cara Mendampingi berjualan di online demi meningkatkan pemasukan penjualan. Selain itu membantu membuat Logo, Promosi offline maupun online untuk meningkatkan eksistensi penjualan.


“Tujuan KKN InsyaAllah membantu salah satu UMK supaya bisa tetap bekerja dari rumah dan memiliki penghasilan melalui jalur online maupun offline. Serta membantu memperkenalkan cara memanajemen keuangan dengan menggunakan aplikasi digital seperti Buku Warung” ungkap Sry Retnayu salah satu Peserta KKN Tematik UPI 2021.

Berbisnis di tengah Pandemi Covid-19 memang memerlukan berbagai inovasi serta pendampingan, terutama pada masyarakat awam. Kunjungan sosialisasi bisnis berlangsung pada Jumat (02/07/21) bersama pihak UMK Warung Bestie. Kegiatan tersebut bertempat di Kp. Babakan DKA RT 03  RW 15 Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Suasana kunjungan ke UMK Warung Bestie di tengah pandemi Covid-19. (Dok. pribadi)
Suasana kunjungan ke UMK Warung Bestie di tengah pandemi Covid-19. (Dok. pribadi)

Produk yang di jual oleh pihak Warung Bestie merupakan jajan anak muda seperti Seblak Suki, Dimsum, Seblak Lumpia Special, Spagheti Tulang, Minuman dll. Peserta KKN membantu memasarkan produk via online dengan harapan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Foto produk suki instan (Dok.pribadi)
Foto produk suki instan (Dok.pribadi)

“Seblak dan Dimsum itu jajanan masa kini, jadi niat saya memasarkan secara online itu biar bisa lebih dikenal lagi” ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, tidak lupa mengindahkan protokol kesehatan dengan sangat baik. Peserta KKN mendapatkan Respon yang baik dari pihak UMK Warung Bestie  dan antusias yang luar biasa , diharapkan ilmu serta apa yang telah diberikan dapat membantu dan bisa ditiru untuk masyarakat yang lainnya. Sehingga, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan serta tidak ada lagi yang kesusahan dalam mencari penghasilan.

Penulis : Sry Retnayu

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN