Mohon tunggu...
Sri Handayani
Sri Handayani Mohon Tunggu... Human Resources - Content writer

Tantangan yang bisa dilalui melalui keberanian dan tekat.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lika-liku Menjadi Seorang Konten Kreator

23 Juni 2021   18:43 Diperbarui: 23 Juni 2021   18:51 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kegiatan bermedia sosial kini bukan hanya sekedar berinteraksi saja tetapi juga berbisnis, berpromosi, berkarir, membangun identitas, reputasi, kepercayaan, image, dan segalanya kini dapat dilakukan di media sosial. Salah satunya media sosial yang kini tengah digandrungi adalah Instagram. Instagram adalah media sosial yang memiliki jumlah penggunaan media terbanyak di Indonesia yang membuat semua masyarakat berbondong untuk membuat sebuah konten yang menarik atau hanya sekedar menikmati dalam menggunakaannya. Seorang konten kreator harus mempunyai skill dan pemahaman yang menarik dan memiliki kreatifitas supaya para followers akan menikmati dan tertarik dengan sesuatu yang dibuat, hal ini yang akan menimbulkan perhatian banyak orang dan akan banyak membagikan konten kita ke masyarakat luas. Seorang konten kreator membuat sebuah konten karena hobby mereka, seperti ada yang hobby make up, makan-makan, membuat video lucu, membagikan gaya fashion, membagikan kegiatan petualangan yang seru dan lainnya. Hal ini akan membuat para konten menjadi senang dan nyaman dalam menjalani sesuai bidang yang mereka sukai tanpa ada yang ditutupi dan merasa enjoy menjalaninya, namun tidak semua seorang konten kreator menjalankan kontennya berjalan mulus, mereka banyak melalui hal-hal rintangan yang dilaluinya seperti contoh pengalam saya  dalam membuat sebuah konten kreator tidak semulus apa yang orang pikirkan, hal ini yang membuat saya mengalaminya dalam menjalankan kegiatan saya menjadi seorang konten kreator di instagram. Banyak hal yang saya lalui seperti kendala dalam hal yang memiliki jumlah followers dibawah 20 yang membuat konten menjadi sepi dan sedikit memiliki like, hal ini membuat saya merasa bahwa ingin menyerah dalam membuat konten.

Isi konten saya berupa share kegiatan-kegiatan yang saya sukai dan membagikan sebuah foto pemandangan yang saya potret. Hal yang saya lalui dalam membuat konten kreator adalah sebuah perasaan malas yang muncul dalam diri saya karena tidak ingin lagi mengembangkan konten saya di Instagram, karena tidak ada interaksi sesama pengguna Instagram dan sepi. Maka dari itulah saya berfikir untuk berusaha dan bangkit dalam mengembangkan sebuah konten yang menarik dan sesuai hal fashion yang saya sukai karena hal ini akan membuat dan menjalaninya dengan enjoy. Dengan mengevaluasi konten yang saya buat, hal pertama yang saya lakukan adalah mengedepankan tujuan apa yang saya menggunakan konten ini lalu mengubah sudut pandang bahwa tidak apa-apa jika memiliki pengikut dan like yang sedikit namun kualitas harus baik dan cocok atau pas di fashion saya. 

Metode yang saya gunakan dalam menggunakan konten kreator di instagram yaitu :

  • Memperkuat visual identity

Saat ini, konten visual memberikan pengaruh yang sangat signifikan. Konten yang menarik tentu akan membuat pengguna Instagram tertarik untuk melihatnya. Karena itu, tidak ada salahnya kita mulai memperhatikan elemen visual ini agar lebih berdampak terhadap kualitas yang baik.

  • Kenali Audiens

Untuk mengenali audiens dalam akun instagram itu sangat penting karena  dengan mengenal audiens kita bisa tahu, siapa saja yang kita tujuh

  • Posting saat pengikut aktif

Gunakan insight untuk melihat kapan sebagian besar pengikut membuka instagram dan posting di waktu tersebut. jadi hal ini dapat mendongkrak jumlah pengguna yang melihat dan merespons postingan foto dan video anda.

  • Mencari tahu tren di semua postingan dan story

Temukan pola di semua postingan foto dan video yang memiliki kinerja bagus, terutama metric yang relevan dengan tujuan terhubung komunitas, lihat postingan foto dan video yang paling banyak direspons. Setelah mencari tahu tren tersebut ke dalam foto dan video yang di postingan dan story yang menunjukkan kinerja baik, integrasikan tren tersebut ke dalam foto dan video yang di posting agar menarik bagi komunitas.

  • Tetap konsisten untuk membentuk ciri khas

Usahakan harus konsisten, baik itu konten feed maupun story, usahakan tetap senada. misalnya membuat konten dengan desain berwarna hijau. Maka, teruslah menggunakan warna tersebut. seiring dengan berjalannya waktu, orang akan menyadari hal tersebut. sehingga, mereka akan menilainya sebagai ciri khas dari konten anda.

Kekurangan yang masih harus saya perbaiki dalam membuat konten di Instagram yaitu:

  • Terlalu banyak spam, diawal dalam pembuatan konten di Instagram banyak yang saya posting dan bisa selama sehari itu ada 10 kali postingan. Hal ini, saya pikir itu akan membuat para audiens merasa tidak nyaman dan dikatakan akun spam. Maka dari itu saya memulai untuk menjadwalkan postingan saya berupa seminggu itu  postingan.
  • Captions yang saya bikin kurang menarik, menurut saya sebuah caption itu sangat penting dalam memberi informasi pada gambar maupun video yang kita upload di Instagram. Hal ini akan membuat audiens tertarik dan mengerti atau paham apa maksud yang di upload tersebut. maka dari itu saya memulai untuk membuat sebuah caption yang jelas dan dapat dimengerti oleh semua orang.
  • Menurut followers yang mengikuti akun saya, bahwa nama pengguna Instagram saya terlalu aneh dan tidak dimengerti oleh orang, maka dari itu saya menggantikan nama penggunaan akun Instagram menjadi yang lebih klasik dan modern
  • Dalam pengambilan foto, ada beberapa gambar yang saya upload kualitasnya buram, maka dari itu akan diperbaiki ataupun dihapus jika ada yang kurang bagus.
  • Kurangnya pendekatan terhadap audiens, hal ini membuat saya menjadi tidak tahu audiens apa yang saya tujuh. Karena itu saya akan sering mengadakan kegiatan Tanya jawab di stories Instagram agar membuat hubungan semakin akrab.

Kunci keberhasilan dalam konten yaitu Konsisten, dalam artian konsisten secara mental dan juga konsisten dari segi teknis. Pertama, konsisten secara teknis adalah dengan membangun brand profile Instagram anda. Misalnya saja konsistensi warna, konsistensi waktu unggah, dan juga konsistensi pola feeds. Membangun konsistensi dan brand pada profil Instagram sangat penting agar lebih dikenal oleh audience. Hanya dengan melihat warna tertentu atau model feed tertentu,

orang sudah mengenali jika feed itu berasal dari profil Instagram anda. Kedua, konsisten untuk upload. Hindari untuk melewatkan satu hari saja dalam mengunggah postingan Instagram. Karena algoritma Instagram juga membaca seberapa sering konten Instagram anda diunggah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun