Mohon tunggu...
sri wulandari
sri wulandari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru sd

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Beragam Cerita HUT 77 RI bersama Lontar

22 Agustus 2022   20:09 Diperbarui: 22 Agustus 2022   20:13 208 20 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin, 22 agustus 2022 masih bertema yang sama karena ditempat kami masih melakukan serangkaian kegiatan gerak jalan yang akan dilaksanakan 26 agustus 2022, latihan sore ini sangat meriah semua sekolah mengikuti pelatihan dengan memakai yel andalan mereka. 

Mulai dari sekolah tingkat SD, SMP sampai SMA Digerakkan, sore inipun masih terasa ramai dan alhamdulillah penulis selesai melatih melanjutkan kegiatan menulis, dan serangkaian kegiatan yang hari ini membahas tentang pohon lontar dan kegunaannya, mengapa tema ini diangkat penulis karena beragam manfaat yang dirasakan terhadap pohon satu ini. Salah satunya  daun lontar bagian luar yang tidak berfungsi dimanfaatkan untuk kegiatan karnaval  adat budaya suku dayak yang akan dilaksanakan  tanggal 29 desember 2022. Semoga kegiatan karnaval dan gerak jalan  berjalan lancar  tanpa kendala.

dokpri
dokpri

                                   

Barang bekas yang memiliki nilai jika didesain secara cantik. Begitu banyak manfaat yang didapatkan pada pohon lontar ini. Cara cerdas akan menghasilkan karya Indah.

Pohon Lontar yang dalam istilah Ilmiahnya disebut Borassus Flabellifer,  masuk kedalam  keluarga Lepidocarrynae , juga tumbuh di daerah panas seperti di Benua Asia, Afrika, India, Ceylon dan lain-lain. Menurut K.Heyne, pohon lontar di indonesia masuk jenis kultur-palm tumbuh di daerah –daerah yang mempunyai musim panas terik dan yang pasti diatangkan dari india.

Tanaman lontar (Siwalan) termasuk jenis palm dan biasanya tumbuh di daerah-daerah yang beriklim tropis  atau subtropis. Di indonesia, tanaman lontar tumbuh diseluruh pelosok tanah air. Hal ini dibuktikan dari pemberian nama-nama lokal daerah setempat. DiBanjar dinamakan siwalan, diDayak dinamakan pohon tuak, dijawa dinamakan pohon tal, dibali dinamakan rontal, di Sulawesi Selatan  dinamakan lontara, orang bugis menyebutnya ta dan orang Makassar menyebutnya tala.

 Tanaman Lontar bagi kehidupan manusia juga sangat bermanfaat. Terutama untuk memenuhi  kebutuhan  hidup sehari-hari, kita tahu kebiasan –kebiasaan masyarakat dalam  mengolah alam, termasuk  tanaman lontar dilakukan secara tradisional.

Beberapa bagian yang terdapat  pada tanaman lontar yang dimanfaatkan oleh manusia yaitu sebagai berikut:

1. Pohon lontar dimanfaatkan untuk bermacam-macam perkakas dalam rumah, tongkat, pegaga payung, alat pertanian  dan lain-lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan