Mohon tunggu...
Sri Wahyuni
Sri Wahyuni Mohon Tunggu... #UniGuci

Sri Wahyuni dikenal sebagai #UniGuci asal Sumbar berdomisili di Depok Jabar

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Khas Ramadan yang Dirindukan

16 April 2021   09:33 Diperbarui: 16 April 2021   09:38 205 2 0 Mohon Tunggu...

Bulan Ramadan yang hanya datang setahun sekali pastinya banyak momen yang membuat kita rindu, sehingga tidak mau berpisah dengan bulan yang indah ini. Menahan lapar, haus serta emosi tidak menyurutkan langkah untuk tetap bersama bulan keagunganNya. Semua orang tentu memiliki hal yang berbeda tentang momen yang membuat rindu dalam bulan Ramadan atau ada yang sama.

Momen yang dirindukan saat ramadan

Pertama, teriakan suara orang-orang saat membangunkan sahur dengan berbagai cara ada yang memukul drum atau bawa tutup panci sambil shalawatan, himbauan dari masjid "sahur..sahur..sahuuur". Apabila masih ada lampu rumah yang masih gelap ,langsung digedor agar orang rumah tidak sahur kesiangan.

Kedua, Iklan sirup di televisi yang selalu ditayangkan saat puasa baru jalan setengah hari, yang menonton menjadi tergoda padahal kalau tidak bulan puasa iklan sirup hal yang biasa.

Ketiga, berbuka puasa dikantor bersama teman-teman dan takjil sudah disediakan oleh perusahaan sehingga tidak harus berebut membeli di luar.

Keempat, suara berisik klakson dilampu merah sebelum magrib datang, bunyi yang bersahut-sahutan tersebut akan hilang saat suara azan magrib berkumandang. Sesaat suasana langsung sepi tanpa dikomando

Kelima , sepanjang jalan ramai yang jualan berbagai macam takjil dari gorengan, kolak, cendol, sop buah melengkapi menu buka puasa dan makan malam. Biasanya hanya beli satu lauk , namun saat bulan ramadan godaan makanan begitu banyak membuat "lapar mata" sehingga semua takjil dibeli.

Keenam, ajakan buka bareng bukanlah hal yang baru saat bulan ramadan, keseruan buka bareng bersama  menyambung kembali  silaturahmi yang sempat terputus karena kesibukan masing-masing. Setelah bulan ramadan selesai semua kembali pada rutinitas biasanya

Ketujuh, adanya tradisi berbagi THR yang menambah kerinduan bulan ramadan, meski jumlah THR tidak banyak namun momennya itu yang menjadi seru. Apalagi saat dapat THR semuanya uang yang masih baru tidak ada lecetnya, sehingga langsung masuk dompet.

Kedelapan, belanja baju lebaran, adakah yang sampai sekarang masih minta baju lebaran? Pusat perbelanjaan menjelang ramadan dipadati pengunjung yang berdesakan membeli keperluan untuk lebaran dari perlengkapan shalat, pakaian hingga peci pun tidak ketinggalan dari serbuan pengunjung.

Kesembilan, momen mudik mengunjungi orang tua, sanak saudara dikampung halaman hal yang sangat dinantikan terutama perantau atau anak kuliahan yang jauh dari saudara. Keceriaan terpancar saat kedatangan disambut oleh keluarga dengan air mata menjadi saksi bahagia saat melepas kerinduan yang lama tertahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN