Mohon tunggu...
Sri Subekti Astadi
Sri Subekti Astadi Mohon Tunggu... ibu rumah tangga, senang nulis, baca, dan fiksi

ibu rumah tangga.yang suka baca , nulis dan fiksi facebook : Sri Subekti Astadi https://www.facebook.com/srisubektiwarsan google+ https://plus.google.com/u/0/+SriSubektiAstadi246/posts website http://srisubektiastadi.blogspot.co.id/ https://www.instagram.com/srisubektiastadi/

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bimbo, Bapak Ramadan Sepanjang Masa

22 April 2021   22:46 Diperbarui: 22 April 2021   23:17 346 17 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bimbo, Bapak Ramadan Sepanjang Masa
Bimbo suber gambar liputan6.com

Ada anak bertanya pada bapaknya
buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya
tadarus tarawih apalah gunanya

Lapar mengajarmu rendah hati selalu
tadarus artinya memahami kitab suci
tarawih mendekatkan diri pada Illahi

Lihat langit keanggunan yang indah
membuka luas dan anginpun semerbak
Nafsu angkara terbelenggu dan lemah
Ukah ibadah dalam ikhlas sedekah    

Demikian lirik lagu yang dinyanyikan oleh Bimbo yang sangat kental  dalam ingatan,  saat menjelang bedug maghrib tiba di sebuah MDS di kotaku. Sebenarnya bukan lagi itu saja yang diputar bagian informasi MDS,  yang selain menginformasikan kegiatan di dalam MDS juga memutar lagu-lagu agar suasana toko menjadi hidup. Oh ya...MDS itu Matahari Dept Store ya...

Dulu selama hampir sepuluh tahun  bergabung dengan Matahari Departemen Store, saya selalu hapal bila lagu-lagu yang diperdengarkan berupa  lagu-lagu lembut dari Bimbo berarti tak lama lagi buka puasa tiba. 

Karyawan dibagi 2 siff dalam istirahat berbuka puasa , sebagian buka puasa dan menunaikan salat maghrib lebih dulu dengan wantu yang singkat sedang sebagian lagi akan buka puasa dan salat maghrib bila rekannya sudah memasuki kembali area toko. Agar di dalam toko tidak kosong yang bisa dimanfaatkan para pengutil barang. 

Saat lagu-lagi Bimbo diperdengarkan  suasanya  berganti menjadi tenang dan tentram, kasak kusuk hilang dan  hening menyelimuti suasana toko.

Ada banyak lagu Bimbo yang diputar sirih berganti ,  selain lagu 'Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya' masih banyak lagu-lagu religi mengantar Ramadan seperti lagu : Puasa ,  Bermata Tapi Tak Melihat,  Tuhan,  Sajadah Panjang, Rindu Kami Padamu dan Wudhu. 

Lagu-lagu tersebut akan terus mengiring Ramadan di Mall-mall maupun diberbagai tempat. Dan bagi saya walau sudah sering mendengar selama puluhan tahun, makna dan suasana Ramadan yang dihadirkan akan tetap syahdu dan haru, tidak pernah membosankan. Namun entah sekarang, karena sudah lama saya tidak masuk Mall lagi apalagi di jaman semua serba online yang lebih praktis.

Sehingga saya menganggap bahwa Bimbo adalah bapak Ramadan sepanjang masa, walau banyak lagu-lagu religi lain yang bermunculan, lirik dan suara Sam Bimbo benar-benar suara khas bapak  yang menjawab pertanyaan-pertanyaan soal Ramadan dari putranya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x