Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ibu rumah tangga suka cerita, Petani, Pengusaha (semua lagi diusahakan)

People Choice dan Kompasianer Paling Lestari dalam Kompasiana Awards 2023.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Rute dan Tempat Wisata Dieng yang Menarik

22 Juni 2024   14:16 Diperbarui: 22 Juni 2024   20:01 473
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang tak kenal Dieng, salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah dengan suasana pegunungan yang sejuk.

Berada di ketinggian yang setara dengan gunung, Dieng dijuluki negeri di atas awan. 

Oleh karena keindahan alam yang ditawarkan, saya dan keluarga pun tertarik mengunjunginya pekan kemarin. Tentunya sebagai kunjungan pertama, banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari penginapan, mencari rute, tempat destinasi populer, biaya.

Saya pun sempat bertanya pada Bu Isti, Kompasianer yang pernah menulis oleh-oleh khas Dieng. Jawabannya cukup memuaskan dan memberi gambaran destinasi mana saja yang wajib dikunjungi.

Rute Menuju Wisata Dieng

Seperti kita ketahui Dieng terbagi ke dalam dua wilayah, Dieng Wetan merupakan salah satu desa di Kecamatan Dieng, Kabupaten Wonosobo. Sementara Dieng Kulon masuk wilayah Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Untuk menuju Dieng dari Madiun tidak sulit, tetapi saya tetap mencari sumber agar tidak terjebak rute yang berputar. Berbekal beberapa informasi, rute ke Dieng dari Madiun yakni lewat tol dan keluar dari pintu tol Bawen. 

Dari terminal Bawen belok ke kiri masuk Jalan Ambarawa Magelang menuju pusat Kota Wonosobo. Jalur ini lumayan longgar karena hari Jumat dan masih pagi. Ketika menemukan alun-alun Wonosobo, lanjut ke Jalan Dieng hingga menemukan titik nol Dieng. Dari Madiun perjalanan sekitar 6 jam sudah istirahat untuk salat subuh dan sarapan.

Dari titik nol Dieng

Jika kita ambil kanan dari arah Wonosobo, tempat wisata yang pertama dikunjungi adalah Kawah Sikidang dari pintu depan, Candi Arjuna. Tempat wisata ini masuk ke wilayah Dieng Kulon, Banjarnegara. Jika belok ke kiri, kita memasuki Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo.

Wisata Dieng 

Dari titik nol Dieng, Wonosobo saya mengambil arah kiri, wisata yang pertama dikunjungi adalah Telaga Warna. Untuk menuju tempat wisata ini sangat mudah karena terletak di pinggir jalan raya. Kita hanya butuh tiket dengan tarif Rp22 ribu per orang tanpa batas waktu. Akan tetapi dilarang membawa makanan, karena di dalam area ada banyak warung jajanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun