Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah
Sri Rohmatiah Mohon Tunggu... Penulis Buku "Kalau Berbeda, Lalu Kenapa?"

Photo

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Dear Dik, Gagal SNMPTN, Tidak Mau Tes PTS, Menulis Saja di Kompasiana!

25 Maret 2021   14:03 Diperbarui: 25 Maret 2021   16:47 112 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Dik, Gagal SNMPTN, Tidak Mau Tes PTS, Menulis Saja di Kompasiana!
Sumber gambar dari pixabay.com

Dear adik yang lagi galau,

Tidak lulus SNMPTN memang menyakitkan, bikin galau, tetapi mau masuk PTS silau dengan biaya. Mau kerja, belum ada yang terima lulusan SMA. Mau wiraswasta tidak ada modal dan penampilan belum memukau. 

Jangan galau banyak solusi yang sudah ditawarkan para kompasianer. Adik-adik tinggal klik yang mana. Jika tidak ada yang cocok, boleh pilih saran saya.

Menulis di kompasiana saja. Daftar, tunggu verifikasi, nulis yang rajin. Jangan salah, menulis juga menjanjikan jika kita mau belajar, menjalani proses dengan sabar. Banyak penulis profesional yang mengandalkan dari menulis.

Irene Kharisma Sukandar mengatakan, "Kalau sesuatu dikerjakan secara profesional tentu ada uangnya. Profesi apapun akan menjanjikan."

Namun, saya tetap menyarankan tahun depan ikut tes lagi ke Perguruan Tinggi Negeri. Bagaimanapun pendidikan, kemampuan, keterampilan penting. Aaahh bicara pendidikan seakan-akan saya sudah makan bangku kuliah saja. Memang sih belum ... belum berarti mau sekolah lagi? Semoga dalam kesemogaan. 

Dengan menulis banyak manfaatnya. Adik-adik bisa sambil belajar, mengerjakan tugas, nulis materi. Menulis juga bisa meningkatkan daya ingat. Daya ingat akan semakin menurun karena usia dan dampak kondisi kesehatan yang tidak baik. 

Usia adik-adik semakin hari bertambah apalagi kalau setelah gagal SNMPTN, adik-adik frustasi. Bisa-bisa tahun depan gagal lagi tes. Naahhh daripada frustasi tidak terkendali, akan menghabiskan energi yang diperlukan oleh otak, mendingan nulis sambil belajar.

Otak manusia perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Ibarat pisau yang tumpul karena tidak diasah. Otak pun demikian. Cara mengasahnya tentu dengan membaca dan menuliskannya kembali. Menulis bukan satu-satunya cara melatih otak. Adik-adik juga, bisa bermain catur, mengisi teka teki silang atau yang lainnya.

Agar manfaat menulis dapat  dirasakan secara maksimal. Menulislah dengan tenang, tempat yang nyaman dan menulis hal-hal positif akan memberi pengaruh positif juga.

Selamat buat adik-adik yang lulus SNMPTN, yang lanjut ke PTS juga selamat, semoga ilmunya berkah. Bagi adik-adik yang belum dapat pilihan, boleh pilih-pilih, jangan lupa berdoa, memohon yang terbaik. 

Menulis adalah salah satu pilihan. Jangan salah semua, tidak dapat nilai. Hehe ...

Salam, tetap semangat,

Sri Rohmatiah

Bahan bacaan: dokterSehat.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x