Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Berasal dari Keluarga Sederhana, Ini Cara Saya Membiayai Kuliah

16 Agustus 2022   14:41 Diperbarui: 17 Agustus 2022   09:45 358 41 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi wisuda, selesai kuliah. (sumber: Shutterstock via KOMPAS.COM)

Kuliah merupakan jenjang pendidikan tinggi yang tidak semua orang bisa menempuhnya. Karena beberapa alasan, banyak orang yang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang tersebut. Baik karena faktor ekonomi, kemauan, maupun faktor lainnya. 

Banyak yang beranggapan jika kuliah itu sulit. Baik itu pembelajarannya maupun biaya kuliahnya. Ya memang tidak bisa dipungkiri bahwa kuliah itu memang butuh usaha dan kemauan yang luar biasa. 

Karena kuliah sangat berbeda dengan sekolah. Dunia kuliah sangat jauh berbeda baik dari segi pembelajarannya maupun pergaulannya. 

Dulu saya juga tidak pernah bermimpi untuk duduk di bangku kuliah karena saya dari keluarga biasa. Di benak saya hanya orang-orang kaya lah yang bisa menmpuh pendidikan di bangku kuliah. Karena itu saya tidak pernah membayangkan untuk bisa duduk di bangku kuliah. 

Namun setelah lulus SMA, saudara saya  menawari saya untuk kuliah. Kebetulan di kota saya ada kampus. Meski bukan kampus besar, namun saya ingin mencobanya. 

Waktu itu saya tidak langsung mendaftar setelah lulus SMA, karena belum memiliki biaya untuk membayar uang masuk di kampus tersebut. Jadi saya pun ditawari bekerja selama setahun agar bisa mengumpulkan uang untuk membayar uang masuk kampus tersebut.

Akhirnya setelah setahun bekerja saya memiliki cukup uang untuk membayar uang masuk di kampus tersebut. Meski bukan kampus besar namun bagi saya biaya di kampus tersebut lumayan besar juga. 

Memulai kuliah saya pun agak ketakutan. Bagaimana dengan biaya kuliah dan kehidupan sehari-harinya? Karena orangtua saya bukan dari keluarga mampu. Jadi saya pun harus berusaha sendiri untuk bertahan dan meneruskan kuliah. Bagaimana caranya? 

Pertama, biasakan untuk hidup hemat

Hal pertama yang paling penting adalah membiasakan diri untuk hidup hemat. Seperti yang kita tahu hidup di lingkungan kampus memang tidak mudah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan