Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Mengapa Kita Tidak Perlu Membalas Mereka yang Bersikap Buruk kepada Kita?

8 Mei 2022   21:09 Diperbarui: 9 Mei 2022   13:07 523 25 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi berbuat baik (Sumber: nortonrsx)

Dalam menjalani hidup dan berinteraksi dengan orang lain, tentu tidak semua orang bersikap baik kepada kita. Begitu juga dengan diri kita yang terkadang bisa saja bersikap buruk kepada orang lain tanpa kita sadari. 

Perlakuan atau sikap yang buruk ini membuat kita yang mendapatkannya merasa tidak nyaman. Mendapat perlakuan yang buruk tentu akan membuat kita merasa sedih, kecewa, dan juga sakit hati. Hal tersebut tentu membuat kita terkadang ingin membalasnya. 

Sebagai manusia tentu kita memiliki perasaan sakit jika diperlakukan dengan buruk oleh orang lain, karena sebagai manusia biasa tentu ada rasa sakit yang kita terima saat diperlakukan dengan buruk. 

Berinteraksi dengan banyak orang dan dengan banyak karakter, tentu kita akan mendapat perlakuan yang berbeda dari mereka, ada yang baik dan ada juga yang tidak baik. Setiap orang tentu memiliki sifat yang berbeda dan tidak semua orang bisa bersikap baik dengan kita. 

Selama hidup tentu kita pernah merasakan diperlakukan buruk oleh orang lain, mungkin tidak hanya sekali atau dua kali tetapi mungkin berulang kali. 

Terkadang mungkin terbersit rasa ingin membalas dendam kepada mereka yang bersikap buruk kepada kita. Namun sebelum membalas cobalah untuk memikirkannya kembali. Mengapa kita tidak perlu membalas mereka yang bersikap buruk kepada kita. 

Pertama, hanya membuang waktu dan energi 

Alasan yang pertama adalah membalas perbuatan buruk mereka hanya akan membuang energi dan waktu kita saja. 

Mendapat perlakuan buruk memang menyakitkan dan rasanya ingin membalas perlakuan mereka dengan cara yang sama. Namun sebaiknya coba pikirkan dulu dan jangan terburu-buru untuk membalas. 

Lebih baik kita biarkan saja mereka yang memperlakukan kita dengan buruk, karena meladeni mereka hanya membuang-buang waktu saja. Lebih bayak hal yang lebih bermanfaat yang bisa kita lakukan daripada membalas perlakuan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan