Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Kemenkumham Muda, Gerakan ASN Muda Melalui Media

31 Oktober 2021   10:59 Diperbarui: 31 Oktober 2021   11:08 210 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
tangkapan layar akun instagram kemenkumham muda.dokpri

Sebagai salah satu ASN di Kementerian Hukum dan HAM saya mengikuti akun yang bernama Kemenkumham Muda di instagram. Kebetulan akun ini baru berdiri setahun yang lalu. Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, Kemenkumham Muda ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 2020. Mungkin umurnya baru setahun, namun gerakan Kemenkumham Muda ini terbilang cukup progresif. 

Sebagai salah satu pengikut di instagram, saya melihat ada beberapa kegiatan yang diadakan oleh Kemenkumham Muda untuk mengajak para ASN di Kementerian Hukum dan HAM berbagi ide kreatif melalui media. Beberapa kegiatan yang diadakan di Kemenkumham Muda ini diantaranya adalah Kolaborasi Menulis di kalangan ASN, Bincang Muda, dan berbagai kegiatan lainnya. Selain itu juga, Kemenkumham Muda memberikan contoh ASN yang berprestasi baik itu di bidang pendidikan, olahraga, maupun bidang lainya. 

Awal Berdiri Kemenkumham Muda 

Perkumpulan Kemenkumham Muda ini dinisiasi oleh Wahyu Saifudin sebagai founder, Rony Aryono putro  sebagai co founder dan Mirna Fitri NCD sebagai co founder. Kemenkumham Muda ini memiliki harapan  sebagai pengabar baik dari ASN di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM kepada semua masyarakat, sehingga ekosistem positif bisa terbangun dan terbentuk. 

Hal ini sejalan dengan visi dari Kemenkumham Muda yaitu membentuk ekosistem positif dengan mengabarkan berita baik dari ASN di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sehingga menciptakan generasi ASN yang progresif. Untuk mewujudkan hal tersebut Kemenkumham memiliki nilai-nilai yang harus diterapkan yaitu Produktif, Berbagi, Kolaboratif dan Apresiatif. 

Tepar di hari Sumpah Pemuda yang ke-92, Kemenkumham Muda berdiri. Seperti yang kita tahu peringatan Sumpah Pemuda merupakan momen yang sangat penting untuk Indonesia. Karena Sumpah Pemuda menjadi momen bersatunya pemuda yang ada di Indonesia. Tidak ada lagi pemuda Jawa, Sumatra atau pemuda atas nama suku lainnya. Yang ada hanyalah pemuda Indonesia. Melalui ikrar Sumpah Pemuda, para pemuda Indonesia waktu itu bersatu. 

Tentu dengan mengingat momen Sumpah Pemuda tersebut, Kemenkumham Muda juga ingin jika forum ini bisa menjadi wadah bagi para ASN untuk bersatu. Meski berasal dari suku dan daerah yang berbeda namun hal itu bukan menjadi halangan untuk memecahkan tetapi justru mengeratkan satu sama lain.

Kegiatan di Kemenkumham Muda 

Meski baru setahun berdiri, namun jumlah followers di instagram sudah mencapai delapan ribuan. Tentu hal itu menandakan banyak yang tertarik dengan Kemekumham Muda. Dari Kemenkumham Muda saya juga melihat banyak tokoh muda dari kalangan ASN di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang berprestasi. Sehingga hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi para ASN di Kementerian Hukum dan HAM khususnya dan ASN lainnya pada umumnya. 

Kemenkumham Muda merupakan contoh nyata dari gerakan positif di media sosial. Melalui Kemenkumham Muda ini, saya sebagai ASN bisa ikut dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan. Selain itu juga Kemenkumam Muda ini juga sebagai ajang untuk saling mengenal satu sama lain secara virtual. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan