Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Berikut Tips Menghemat Uang Ala Na Young Won di Drama "Monthly Magazine"

7 Juli 2021   08:43 Diperbarui: 7 Juli 2021   08:59 265 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berikut Tips Menghemat Uang Ala Na Young Won di Drama "Monthly Magazine"
ilustrasi menabung, sumber: fimela.com

Bisa menggunakan uang sesuai dengan prioritas kebutuhan tentu bukanlah hal yan mudah. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, yang memudahkan kita untuk berbelanja lewat gadget. Hal ini terkadang membuat kita tergoda dengan iklan yang ditayangkan lewat media sosial. Kemudahan akses dan komunikasi yang kita lakukan hanya dengan lewat gadget terkadang secara tidak sadar membuat kita terlena dan boros dalam menggunakan uang.

Tentu kita ingin bisa menggunakan uang dengan bijak dan tidak terlalu boros. Karena jika tidak bijak tentu hal itu akan berakibat buruk bagi kita di kemudian hari. Untuk itu kita perlu bijak dalam mengguankan uang yang kita terima agar tidak menyesal di kemudian hari. Mungkin kita masih bingung bagaimana cara menghemat pengeluaran agar tidak keblabasan. Di tengah gempuran iklan yang berkeliaran di media sosial tentu terkadang kita tidak bisa menahan godaan dari menariknya iklan yang ditampilkan. 

Saya ingin memberikan tips yang sederhana yang saya lihat dari drama Monthly Magazine. Ini tips bukan dari ahli ekonomi atau keuangan ya. Ini hanya sekedar tips sederhana yang terinspirasi dari tokoh Na Young Won yang mungkin bisa dicoba dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Na Young Won merupakan tokoh utama dari drama Monthly Magazine yang sedang tayang. Buat kamu yang belum menonton drama ini, kamu bisa mencoba menontonnya dan mendapatkan ilmu yang menarik dari drama ini. Karena drama inilah saya tahu bagaimana caranya menghemat pengeluaran. Berikut caranya 

Pertama, tekad dan niat yang kuat 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang adalah dengan tekad dan niat yang kuat. Tekad dan niat yang kuat penting dilakukan agar kamu tidak mudah tergoda dengan rayuan atau godaan baik itu dari teman, iklan maupun media lainnya. Kamu harus menguat tekadmu untuk menghemat uang dan menabung. Tekad dan niat yang kuat ini akan berpengaruh pada sikap dalam menggunakan uang yang kamu miliki. 

Semakin kuat tekadmu maka, kamu keinginan untuk mengeluarkan uang bisa terkendali. Tekad dan niat ini harus kamu tanamkan dalam hati agar kamu tidak mudah goyah dengan godaan yang ada. Seperti hal lainnya menabung atau menghemat uang juga membutuhkan niat yang kuat. Hal ini tentu untuk menghindari semangat yang mungkin hilang di tengah jalan. 

Bagaimana caranya? 

Untuk memiliki tekad yang kuat kamu harus menentukan tujuan kamu menabung. Hal ini sebagai motivasi kamu menabung dan menghemat uang. Kamu harus memiliki tujuan agar hal itu bisa menjadi motivasi. Ketika kamu memiliki tujuan yang kamu inginkan, maka tekad itu akan muncul. 

Kamu perlu menentukan tujuanmu mengumpulkan uang. Misalnya saja kamu mengumpulkan uang  untuk membeli rumah, mobil atau pergi travelling. Tujuan-tujuan seperti itu akan membuat kamu memiliki tekad yang kuat. karena setiap kali kamu akan mengeluarkan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting kamu akan ingat akan tujuanmu. Hal ini sebagai alarm pengingat agar kamu tidak mudah untuk menghamburkan uang. 

Dalam drama Monthly Magazine ini, Na Young Won memiliki satu tujuan yaitu membeli rumah. Alasan ia menghemat uang dan mengumpulkan uang adalah karena dia ingin membeli rumah yang sudah dia impikan. Setiap kali dia ingin mengeluarkan uang dia teringat akan tujuannya tersebut. Sehingga dia akan berpikir ulang untuk membeli sesuatu. Apakah diperlukan atau tidak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN