Mohon tunggu...
Sri Patmi
Sri Patmi Mohon Tunggu... Penulis - Bagian Dari Sebuah Kehidupan

Menulis adalah Bagian dari Self Therapy www.sripatmi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Cara Meningkatkan Semangat Kerja yang Menurun di Masa Pandemi

15 September 2021   08:00 Diperbarui: 15 September 2021   08:11 179 42 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Cara Meningkatkan Semangat Kerja yang Menurun di Masa Pandemi
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tak dapat dipungkiri, dimasa ini gairah kerja mulai berkurang. Banyak hal yang mempengaruhi demotivasi kerja seperti overthinking, lelah, frustasi, stress, rasa kecewa terhadap kebijakan yang tidak win-win solution. Biar bagaimanapun keadaannya, life must go on and drama must be show. 

So.. bekerja bukan lagi tentang penghasilan saja, rasa nyaman juga komponen yang harus dipenuhi. Feel happy, feel enjoy, bekerja bukan lagi beban karena butuh makan. Dengan perasaan happy and enjoy, bekerja jadi bagian dari berkarya dan syukur-syukur menjadi ibadah kita yang tersirat. Inilah cara supaya semangat kerja kita on fire lagi : 

1. Sadari keberadaan diri 

Standar saja pola pikir yang harus dibangun, jika masih butuh uang dari perusahaan, berusahalah untuk melakukan yang terbaik. Jika masih ada dilingkungan tersebut, sadari jika kamu ada disitu. As simple as that. Jangan membebani diri jika memang sudah tidak nyaman dengan segala bentuk penggalian ditempat kerja. Lingkungan kerja toxic, berusahalah untuk stay away pada koridor prinsip diri. Tunjukkan segala prestasi diri anda yang belum diketahui banyak orang. 

2. Worklife Balance 

Menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Ketika di rumah, maka mulailah untuk mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik lagi. Ingatlah! Pangkat tertinggi orang yang bekerja adalah resign. Sampai kapan kita harus bekerja? Mulailah untuk memotivasi diri lebih hidup diluar dari ranah pekerjaan. Tidak ada salahnya loyal, tapi harus sadar jika kita manusia sosial. Lingkungan sosial kita bukan hanya di tempat kerja aja lho! 

3. Tetapkan end, ways, goals. 

Munculkan didalam diri jika bekerja memiliki tujuan yang berarti bukan hanya sekedar untuk makan dan memperkaya diri. Jika tujuan bekerja sudah diketahui, maka cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut dapat dipenuhi dengan berbagai strategi. Mulai untuk bergerak kearah perubahan diri. Utamanya ketika sudah tua nanti, tempat ternyaman adalah keluarga. 

4. Mulai menghargai diri sendiri 

Sadari jika anda berharga, dapat melakukan lebih dari apapun yang anda lakukan selama ini. Ingatlah masa dimana anda mendapatkannya begitu sulit, lalu melepas tanggung jawab tersebut dengan begitu mudah? Anda memiliki hak dan kewajiban, jika tidak seimbang, sampaikanlah kepada yang berwenang! 

5. Lepaskan mindset jika bekerja karena tuntutan kebutuhan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan