Dalam mengikuti prose PPG Daljab 2022 saya mengidentifikasi banyak masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas saya. Salah satu diantaranya adalah “RENDAHNYA KETERAMPILAN SISWA KELAS XI DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA MATERI PROCEDURE TEXT”.
Kemudian saya mencoba untuk mencari penyebab dari permasalahan tersebut yang diantaranya adalah:
Siswa tidak percaya diri dan malu mengucapkan kata dalam bahasa Inggris
Tidak memiliki penguasaan kosakata
Siswa tidak memiliki kemampuan tata bahasa yang baik dalam bahasa inggris
Guru tidak memberikan pengajaran yang menarik
Guru jarang memberikan latihan praktik berbicara Bahasa Ingris
Saya memperkuat kembali dengan semua penyebab masalah tersebut dengan melakukan explorasi yaitu mencari kajian literature dan wawancara dengan teman sejawat dan guru senior yang ada di sekolah saya.
Dari beberapa kajian literature yang saya dapat salah satunya adalah :
Menurut Praptiningsih (2021) dalam Jurnal untukmu guruku mengatakan Penyebab rendahnya kemampuan berbicara Bahasa Inggris saat presentase dalam procedure text dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama, kurangnya praktik yang dilakukan baik di sekolah ataupun di rumah yang menyebabkan pengucapan yang kurang tepat. Kedua, penggunaan metode yang kurang tepat dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. ketiga, adanya anggapan dari siswa bahwa berbicara dalam bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sulit karena tidak ditemui dalam lingkungannya.