Mohon tunggu...
Sri Lestari
Sri Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa UM Jurusan KSDP 2016

Mahasiswa UM 2016

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menghidupkan Kembali Minat Baca, Hal Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN UM

27 Juni 2019   00:24 Diperbarui: 27 Juni 2019   00:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Menghidupkan Kembali Minat Baca, Hal Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN UM
Mahasiswa KKN bersama murid TPQ/Dokpri

Rendahnya minat baca pada generasi millenial saat ini cukup memprihatinkan, sekarang banyak kita temui anak-anak, remaja, dan bahkan dewasa lebih memilih memainkan gadget atau alat elektronik mereka dari pada membaca teks atau buku yang berisi pengetahuan. Dengan latar belakang itu sejumlah Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang yang di tempatkan di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang menggagas adanya Perpustakaan Mini Desa untuk program unggulan di bidang pendidikan sebagai wujud bakti kepada masyarakat.

Grand Opening Perpustakaan Mini dilakukan di TPQ Syifaul Qulub yang di kelola oleh Ibu Nurul R. di RT 3 Dusun Maron, Desa Mulyorejo pada Hari Rabu, 26 Juni 2019. Di pilihnya lokasi ini karena jaraknya cukup dekat dan sasaran (anak-anak) perpustakaan banyak.Bahan- bahan pustaka diperoleh dari donasi dari mahasiswa KKN dan masyarakat sekitar. 

Dengan adanya perpustakaan mini ini di harapkan dapat meningkatkan minat membaca generasi muda. Selain itu, manfaatnya yaitu untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif yang berkonten edukatif. Bahan pustakanya antara lain novel anak, cerita, dongeng, bahasa, matematika, kewarganeraan, serba -- serbi, dll. Sebelumnya dilakukan beberapa persiapan yaitu menyiapkan tempat/rak buku, banner, tata tertib, buku pengunjung dan buku inventaris.

(1)
(1)

(2)
(2)

Kegiatan grand opening dimulai dari sambutan dari Koordinator Desa (Puguh Setiawan), di lanjutkan dengan sambutan pengelola TPQ, dan kemudian anak- anak di ajarkan bagaimana menggunakan perpustakaan mini dari alur peminjaman, pengisian buku pengunjung, dan tata tertib di perpustakaan. Anak--anak cukup antusias dan mereka langsung mencari buku yang menurutnya sangat menarik serta saling berdiskusi dengan teman sebayanya. 

"Kami sangat bersyukur dengan bantuan perpustakaan mini tersebut merupakan anugerah dan rezeki Allah yang diberikan kepada kami. Kedepannya akan kami kelola dengan baik , karena hal ini cukup baik jadi anak yang tadinya selesai mengaji langsung pulang atau saat istrirahat bermain sekarang dapat menambah wawasan pengetahuan" ujar Ibu Nurul, pengasuh TPQ. Hal ini senada juga diungkapkan Rima Rahma Zen, "Semoga bahan pustakanya dapat bermanfaat untuk adek-- adek. Pesannya semoga kedepan dapat berkembang dan bahan pustaka juga semakin bertambah guna meningkatkan minat baca pada generasi muda saat ini".

KONTEN MENARIK LAINNYA
x