Mohon tunggu...
SRI HARTONO
SRI HARTONO Mohon Tunggu... Supir - Tukang Ojek Online

Berbuat baik sama dengan nyicil surga

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sekolah Favorit, Membanggakan atau Membahagiakan?

4 September 2021   10:48 Diperbarui: 4 September 2021   11:11 98 4 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sekolah Favorit, Membanggakan atau Membahagiakan?
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sekolah Favorit menjadi incaran banyak orang tua dan anak anak. Ada banyak harapan ketika seorang anak bisa masuk ke sekolah favorit. Harapan itu bisa muncul dari orang tua, bisa juga dari anak itu sendiri. 

Lalu sekolah favorit itu sebenarnya apa. 

Sekolah favorit bisa diartikan sebuah sekolah yang menjadi idaman ortu dan murid untuk bisa bersekolah disana. Ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah sekolah menjadi sekolah favorit. 

1. Prestasi akademiknya bagus.

Itu artinya yang bisa masuk ke sekolah tersebut adalah anak anak yang mempunyai nilai akademik yang bagus. Dengan demikian lulusan sekolah tersebut rata rata juga bernilai akademik bagus. 

Namun sekolah favorit ini belum tentu mendapat nilai tertinggi dalam ujian nasional. Sering anak anak yang bersekolah di sekolah biasa menjadi ranking 1 dalam unas. 

Jadi secara individu semua anak bisa menjadi nomor satu. Untuk mempertahakan posisinya, sekolah ini bisanya memberikan pelajaran tambahan dan menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran dan kegiatan lainya. Sehingga akhirnya orang tua diharapkan memberikan sumbangan. 

Hal itu untuk menutup pengeluaran apabila kedua hal diatas tidak terkaver oleh dana BOS atau Bopda. Artinya di sekolah favorit ini biasanya ada biaya tambahan yang dikeluarkan oleh ortu. 

2. Fasilitas lengkap

Sebuah sekolah bisa dikatakan favorit karena mempunyai fasilitas lengkap. Sekolah yang menyediakan laboratorium, sarana olahraga, sarana untuk praktek siswa, ruang parkir yang luas dll, yang memenuhi semua kebutuhan siswa dan ortunya. 

Sekolah tersebut juga menyediakan guru pembimbing bagi muridnya untuk pengembangan minat bakat siswa. Karena kelengkapan sarana prasarananya, sekolah ini juga menerima sumbangan untuk membayar fasilitas yang tidak dikaver BOS atau Bopda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan