Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Menyukai dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Artikel Utama

Kuliah di Metaverse, Gambaran Dunia Pendidikan di Masa Depan

6 April 2022   21:15 Diperbarui: 8 April 2022   16:15 1100 16 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi Kuliah di Metaverse. (sumber: freepik via kompas.com)

Istilah metaverse berasal dari kata "meta" yang artinya melampaui dan "verse" artinya alam semesta. Sehingga jika terjemahkan metaverse memiliki arti melampaui alam semesta.

Metaverse digambarkan sebagai tehnologi Augmented Reality yang memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain serta berinteraksi di dunia virtual atau dunia maya.

Metaverse sering dimaknai sebagai simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan di dunia maya.

Di dunia virtual tersebut, manusia bisa beraktifitas layaknya di dunia nyata, seperti berbelanja, bekerja, rapat, melihat konser, bermain, bersosialisasi, mengunjungi berbagai tempat tanpa harus bepergian secara fisik bahkan membeli property secara digital.

Metaverse semakin ramai diperbincangkan saat CEO Facebook Mark Zuckerberg mengubah nama facebook menjadi Meta Platforms Inc, yang disingkat meta yang berasal dari kata metaverse.

Meskipun istilah metaverse baru ramai diperbincangkan akhir-akhir ini, tetapi sebenarnya istilah metaverse itu adalah sebuah istilah lama. Istilah tersebut pertama kali digunakan sejak tahun 1992 oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang berjudul "Snow Crash".

Untuk bisa masuk ke dunia virtual atau metaverse, diperlukan alat tambahan berupa kacamata virtual reality dan sarung tangan bertehnologi heptic. Dengan kacamata Virtual Reality dan sarung tangan bertehnologi heptic, seseorang bisa menciptakan pengalaman realistik layaknya didunia nyata, seperti melihat pemandangan, mendengar suara bahkan merasakan sentuhan dan sensasi lainnya.

Meskipun saat ini metaverse masih berupa konsep, adalah sangat mungkin untuk dimasa mendatang metaverse ini akan benar-benar terwujud seiring dengan perkembangan tehnologi yang semakin pesat akhir-akhir ini.

Yang akan terjadi dimasa mendatang, bangunan fisik sebuah perguruan tinggi atau sekolah, taman yang indah, parkir yang luas tidak lagi diperhitungkan karena yang lebih berperan nantinya adalah laptop dengan kapasitas ram yang besar.

Perangkat yang mendukung tehnologi 3D atau tiga dimensi serta fitur-fitur canggih yang bisa memungkinkan seseorang lebih leluasa untuk berselancar didunia maya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan