Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Guru PAI di UPT SD Negeri Slumbung 01

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Waspada.... Si Hijau Imut Bermata Bulat yang Merusak Tanaman

17 Juli 2021   09:53 Diperbarui: 17 Juli 2021   10:04 60 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada.... Si Hijau Imut Bermata Bulat yang Merusak Tanaman
Dok. pribadi

WASPADA...SI HIJAU IMUT BERMATA BULAT YANG MERUSAK TANAMAN

Awalnya, saat menyiram tanaman, saya tidak menyadari kalau ada sesuatu yang mengincar keberlangsungan hidup tanaman saya. Ya, karena dia memiliki warna badan yang sama dengan batang pohonnya.

Seperti biasa, saya menyirami bunga-bunga saya setiap sore. Kemarin sore, keadaan bunga  masih baik-baik saja.Lha, hari ini tetiba saya terkejut bukan kepalang, saat melihat bunga saya daunnya sudah hilang bahkan batangnyapun sudah tinggal separuh.

Saya mencoba menyelidiki, apa yang terjadi. Ternyata saya temukan, seekor ulat berwarna hijau sebesar ibu jari saya sedang bertengger di batang daun bunga calady. Tentu saja, sulit ditemukan kalau kita tidak mengamatinya dengan seksama, karena badannya betul-betul menyatu dengan batang pohon tanaman.

Saya mencoba browsing untuk mencari jenis dan nama ulat ini. Tapi sampai sekarang saya belum menemukannya. Yang jelas ulat ini memiliki mata yang bulat besar dan cantik sekali mirip ironman. Badannya ada garis-garis tipis.

Saat pertama saya temukan, begitu saya pegang badannya menggunakan kayu kecil, ulat ini tampak menggeliat kaget dan seakan-akan hendak menyerang balik terhadap yang menyentuhnya. Dan yang mengejutkan lagi, ulat tersebut mengeluarkan lendir (baca: muntah) dari mulutnya berwarna, yang saya tebak itu adalah dedaunan yang dimakannya.

Meskipun cantik, kita harus waspada terhadap jenis ulat ini, karena bisa merusak tanaman. Tahu bagaimana cara membasminya kan?

Blitar, 17 Juli 2021

Photo taken by Sri Endah Mufidah (koleksi pribadi)

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN