Mohon tunggu...
Sri NurAminah
Sri NurAminah Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer

I am entomologist. I believe my fingers...

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Ritual Puasa Hewan dan Tumbuhan

14 April 2023   01:30 Diperbarui: 15 April 2023   00:07 579
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi tumbuhan berpuasa (Sumber: shuttestock)

Selama ini opini masyarakat menganggap hanya manusia yang menjalankan ibadah puasa. Ternyata dengan ijin dari Allah Subhana Wa Ta'ala, makhluk hidup lainnya yaitu hewan dan tumbuhan juga menjalankan puasa sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. 

Selain melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan dan meningkatkan ilmu pengetahuan para santrinya, Prof. Imam Robandi sebagai founder of IRo Society menciptakan acara Matahari Pagi Ramadan (Mapara) yang berlangsung setiap hari selama bulan Ramadan mulai pukul 05.15 -- 06.15 wib via zoom. 

Saya telah memantapkan hati untuk hadir saat membaca flyer Mapara hari ke 21 yang berjudul: Implementasi Puasa Hewan dan Tetumbuhan dengan penceramah Prof. Suhubdy, Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Mataram. 

Baca juga: Hikayat Si Gulma

Topik tersebut sangat menarik karena berkaitan erat dengan keilmuan saya yang fokus kepada Natural Science. 

Bagaimanakah bentuk puasa hewan dan tumbuhan yang sukses menimbulkan rasa penasaran audience Mapara ke 21?

Ritual Puasa Hewan

Puasa adalah perintah dari Allah Subhana Wa Ta'ala untuk seorang yang beriman. Secara umum puasa bermakna menahan diri untuk kehidupan duniawi. 

Dampak umum puasa adalah: tubuh menjadi lemah, menurunkan berat badan, menahan diri dari semua nafsu dan godaan. Terkait dengan topik puasa hewan dan tumbuhan merujuk kepada QS Al-Ghasiyah ayat 17-20 saat Allah Subhana Wa Ta'ala menganjurkan manusia untuk mempelajari dan menahu tentang fenomena alam sekelilingnya

Makhluk hidup ciptaan Allah Subhana Wa Ta'ala yang berada di bumi banyak sekali variasinya. Terdapat kelompok mammalia, aves atau unggas, reptil, serangga dan lain-lain.  

Puasa hewan dikenal dengan istilah hibernasi dan metamorfosis. Rotasi matahari menyebabkan terjadinya perubahan iklim secara terus menerus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun