Mohon tunggu...
SOVI MARIYANA
SOVI MARIYANA Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Kebundadap Timur I Kecamatan Saronggi

Saya adalah guru kelas VI di sebuah sekolah dasar yaitu SDN Kebundadap Timur I Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep Provinsi Jawa Timur. Saat ini saya sedang mengikuti pendidikan Program Guru Penggerak Angkatan 5 selama 6 bulan, dan sudah berjalan hampir 3 bulan. Program tersebut adalah sebuah program peningkatan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi dibawah. Salah satu tugas saya sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) adalah membuat berbagai kreatifitas baik berupa tulisan, video, poster, atau karya apapun yang berkolerasi dengan pendidikan. Menulis adalah salah satu hobi saya. Maka melalui PGP saya menuangkan hobi menulis saya, dan melalui media Kompasiana ini, saya ingin berbagi tulisan, pengalaman, dan cerita saya khusus dalam dunia saya sebagai aktor pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Filosofi Pensil Warna. Bersyukur dengan Segala Kelebihan dan Kekurangan

19 November 2022   21:25 Diperbarui: 19 November 2022   21:33 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak hanya tentang pensil, yang penuh ragam warna, ada yang warna yang menonjol dan ada warna yang memudar. Yang sangat tampak terlihat adalah warna terang dan warna terang juga membuat pandangan lebih  indah. Jika diibaratkan kehidupan manusia, warna terang adalah kelebihan dan warna pudar adalah kekurangan. 

Jika ingin hidupmu terang dan indah, maka tonjolkan kelebihanmu, berkreasi positiflah dengan kelebihan itu, jadikanlah kelebihanmu sumber kekuatanmu untuk meraih mimpimu. Sebaliknya, tak perlu pesimis dan merasa rendah diri dengan kelemahanmu. 

Warna terlihat terang karena ada warna yang memudar, menjadikan pemandangan terlihat indah karena ada sela-sela warna pudar diantara warna terang, dan itu yang memisahkan sehingga menjadikan warna terang satu dan yang lainnya nampak beda antara satu warna terang dengan warna terang lainnya. 

Kelemahan manusia yang membuat dia merasa memiliki kekurangan. Sebesar apapun rasa kecewamu pada kekuranganmu tetaplah bersyukur, karena dibalik kekuranganmu itu pasti ada hikmah yang tuhan selipkan dan pasti itu akan berguna bagimu.  

Dan akan lebih bijak, cukuplah tuhan yang tahu kekurangamu kemudian baru kamu sendiri, agar orang lain tetap melihatmu dengan segala kelebihan yang kau tonjolkan. Dan sekarang,,,pikirkanlah apa hikmah dari kekuranganmu itu. Agar kau bisa bersyukur dan berterimakasih pada tuhan atas kekuranganmu itu.

Semangat dan tetap semangat meraih mimpi dengan kelebihanmu dan tetap menjadi diri sendiri kapanpun, dimanapun, dan dalam kondisi apapun dengan melihat kekuranganmu agar kau tetap rendah hati saat Tuhan mengangkatmu ke derajat yang tinggi dengan segala kelebihanmu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun