Mohon tunggu...
Sorghume I
Sorghume I Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Sorghume, Snack Bar dari Sorgum Pertama di Indonesia

1 Juni 2017   16:51 Diperbarui: 1 Juni 2017   17:43 853 0 0 Mohon Tunggu...

Kami Christie Elizabeth dan Intan Mutia Zahira, mahasiswa Fakultas Administrasi Niaga Ekstensi 2015 Universitas Indonesia ingin memperkenalkan Sorghume sebagai hasil produksi dari PT Sorghume Indonesia yang dibuat untuk memenuhi Tugas Akhir Semester mata kuliah Evaluasi Proyek. Tulisan ini akan membahas mengenai rencana bisnis dan prospek pasar dari PT Sorghume Indonesia

Deskripsi Proyek

Latar belakang dari PT Sorghume Indonesia memilih untuk menjadikan sorgum sebagai produk usaha makanan ringan merupakan bahan pangan yang sehat, tak banyak dipupuk dengan pupuk kimia disertai kandungan proteinnya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan pangan lainnya seperti gandum, beras ataupun jagung. selain  memiliki kandungan protein yang tinggi, sorgum juga memiliki kandungan karbohidrat, dan mineral yang tinggi dan juga mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B1.

Strategi Pemasaran

Sorghume merupakan snack bar pertama di Indonesia yang menggunakan biji sorgum sebagai bahan utamanya. Sorgum memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi serta tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Nama Sorghume berasal dari kata Sorghum dan Healthy, yang artinya produk sorgum ini merupakan cemilan enak yang sehat untuk dikonsumsi. Sorghume akan dijual seharga Rp 10.000 dengan berat bersih 100gr/pcs. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM atau bayar langsung ketika produk Sorghume diantarkan kepada konsumen. 

Sorghume akan memfokuskan pendistribusian keseluruh wilayah sekitar Bandung dan Pulau Jawa terlebih dahulu sebelum akhirnya akan merambah ke kota besar lainnya yang berada di Indonesia. Sorghume akan dikirimkan menggunakan jasa pengiriman barang. Sorghume juga dapat dibeli langsung ditempat ketika sedang ada event seperti Pop-Up Store. Sorghume akan melakukan promosi via media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sehingga dapat dengan mudah berbagi informasi kepada calon konsumen Sorghume. Selain itu, Sorghume juga akan mengikuti event seperti Pop-Up Store atau bazaar dan stan makanan dalam mengenalkan produk Sorghume di dunia nyata.

Prospek Bisnis

Prospek bisnis dari PT Sorghume Indonesia dapat disimpulkan dengan Net Present Value kami sebesar Rp 7.425.360.761,24 dengan Internal Rate of Return sebesar 9%, Payback Period selama 2,235 tahun dan B/C Ratio sebesar 0 pada tahun pertama dan 1 pada tahun ke dua. NPV menunjukkan nilai positif sehingga usaha kami dapat dinyatakan layak untuk dijalankan dan IRR sebesar 9% dimana artinya nilai pengembalian kami sebesar 9% dari nilai investasi yang kami tanamkan dan Payback Period yang kurang dari lima tahun menandakan proses pengembalian dari nilai investasi kami tergolong cepat.

VIDEO PILIHAN