Mohon tunggu...
Sophia Glory Odelin Siahaan
Sophia Glory Odelin Siahaan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

She is a college student at Sriwijaya University, majoring in public administration. A person who are active, creative, hardworker, motivated, detail-oriented, responsible, and have the ability to socialize easily. And yeah, she really like to learn a new things to develop some potentials and able to work optimally both individually and as a team. Because of that, her lecturer belive her to join and help to made the proposal. And in the organization, she was also trusted to be a committee in several activities.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Refleksi di Desa Tanoker Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur

23 September 2022   21:58 Diperbarui: 23 September 2022   22:11 24 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1 Penyampaian materi secara offline/dokpri

Sabtu (17/09), telah dilaksanakan refleksi tentang kebudayaan tradisional yang diselenggarakan oleh Tim Modul Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Jember. Kegiatan ini dilakukan secara offline di Desa Tanoker Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur yang dihadiri oleh 19 mahasiswa inbound, satu (1) Dosen Pembina Lapangan, satu (1) mentor, dan enam (6) mahasiswa KKN. 

Dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang seni dan kreativitas serta mengenalkan kepada mahasiswa seperti apa kegiatan dan sejarah Tanoker, Tim Modul Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Jember mengundang Dr. Ir. Suporaharjo, M. Si sebagai pembicara pada kegiatan refleksi ini.

Kegiatan refleksi ini terdiri atas beberapa sesi, sesi pertama adalah penyampaian materi terkait Tanoker. Penyampaian materi ini disajikan dalam bentuk Power Point dan dijelaskan langsung oleh Dr. Ir. Suporaharjo, M. Si. Kemudian dilanjutkan dengan sesi terakhir ialah diskusi dan tanya jawab seputar materi yang telah diberikan.

Penjelasan Desa Tanoker yang disampaikan oleh Dr. Ir. Suporaharjo, M. Si secara garis besar membahas tentang sejarah terbentuknya Desa Tanoker, pemajuan kebudayaan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan lingkar alur Appreciative Inquiry

Singkatnya, Desa Tanoker didirikan dan diresmikan pada tahun 2009. Dengan alasan didirikannya Desa Tanoker ialah karena banyaknya anak yang ditinggal oleh orang tuanya akibat pendidikan di luar negeri, hal ini sesuai UU No 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan. Adapun pencapaian dari Desa Tanoker adalah pernah tampil di Thailand dengan tarian enggrang. 

Kegiatannya di Desa Tanoker sendiri beragam, mulai dari kegiatan mingguan (Minggu Ceria; petualangan seru kacong dan genduk yaitu tanoker, eliza rainbow, dapur bhatek kho-kho, sekolah bok ebook n pak bapak yaitu gotong royong antara bapak dan ada kurikulum, serta pengasuhan anak-anak), sekolah eyang-eyang , pasar lumpur, pesantren kopi) hingga tahunan (Festival Enggrang).

Gambar 2 Kebersamaan Narasumber dan Peserta/dokpri
Gambar 2 Kebersamaan Narasumber dan Peserta/dokpri

Dengan penjelasan yang diberikan oleh Dr. Ir. Suporaharjo, M. Si yang sangat bermanfaat, bukan hanya bagi mahasiswa namun juga bagi dosen yang mengikuti refleksi. Setelah refleksi ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang seni, kebudayaan, solidaritas, kreativitas, serta kepedualian satu sama lain. Selain itu, mampu menjelaskan bahkan berbagi pengalaman dengan orang lain yang berada di sekitar masing-masing peserta.

Penulis : Sophia Glory Odelin Siahaan

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan