Mohon tunggu...
Fergusoo
Fergusoo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Spe Salvi Facti Sumus

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Pesan Toleransi dari Masjid Istiqlal

30 April 2020   17:48 Diperbarui: 30 April 2020   17:48 776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sering sekali melihat masjid ini masuk ke tv. Apalagi ketika idul fitri. Disanalah para tokoh-tokoh besar di negara ini pernah menundukan kepalanya kepada Sang Maha Kuasa. Beribadah seraya berdoa dan juga bersilahturahmi kepada sesama.

Semenjak itulah saya bermimpi ingin melihat langsung masjid ini.

Sebagai seorang kristiani, wajar rasanya mengetahui bahwa Masjid Istiqlal adalah masjid yang sangat populer di tanah air. Apalagi jika ditinjau dari letaknya yang berada pusat ibu kota Jakarta.

Satu waktu , dulu, ketika masih duduk dibangku sekolah, saya beemimpi untuk kesana. Saya putuskan agar ketika ke Ibu kota nanti selain mengunjungi Monas saya juga harus menyempatkan untuk mampir melihat masjid ini. Jangan lupa untuk sekalian mengabadikan moment.

Selain karena Masjid ini sering masuk TV dan dijadikan tempat ibadah bagi para pembesar dinegara ini,  Masjid Istiqlal bagi saya merupakan titik nol toleransi keberagaman di Indonesia.

Istiqlal berasal dari bahasa Arab yang berarti "merdeka". Tujuan didirikannya masjid ini ialah untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan masa depan kemerdekaan, sekaligus sebagai momentum untuk mensyukuri kemerdekaan Indonesia yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Ketika saya berhasil dan bisa sekali waktu menginjakkan kaki di Jakarta, saya pun bergegas kesana. Rasa penasaran itu akhirnya terjawab sudah. Memang benar apa yang orang-orang katakan.

Bersama teman, saya melangkah pasti menuju ke masjid ini. Lagipula kala itu teman saya ini juga ingin sesekali beribadah di masjid terbesar di tanah air. Sembari meunggu ia beribadah, saya yang masih penasaran dengan masjid ini pun berkeliling untuk melihat lihat suasana sekitar.

Memang benar apa yang dikatakan diberita itu, masjid ini sangat besar. Melebihi masjid-masjid yang ada didaerah saya. Karena tak ada tour guide dan tempat untuk bertanya, saya membuka gawai dan menyelediki fakta-fakta tentang Masjid ini.

Ternyata Masjid Istiqlal bukan hanya masjid yang terbesar dinusantara, tetapi juga Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di seantero  Asia Tenggara. Wow bangeet kan... Heheh

Selanjutnya fakta lain yang kita temukan dari masjid ini ialah pembangunannya dilaksanakan pertama kali oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun