Mohon tunggu...
Fergusoo
Fergusoo Mohon Tunggu... Muda berbahaya

Membaca dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memahami Kerisauan Soraya Larasati yang Menjadi Korban Pelecehan Seksual

7 April 2020   13:06 Diperbarui: 7 April 2020   14:28 127 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Kerisauan Soraya Larasati yang Menjadi Korban Pelecehan Seksual
Soraya Larasati menghadiri acara buka puasa bertajuk Berbagi dari Hati bersama Cadbury di GOR Soemantri, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).(Kompas.com/Tri Susanto Setiawan)

Berita tidak mengenakan datang dari artis terkenal Soraya Larasati. Ia mengaku telah mendapat perlakuan tak senonoh dari aksi cabul orang yang tak dikenal.

Kejadian ini terjadi ketika ia sedang melakukan aktivitas olahraga. Mengutip pemberitaan laman detik.com, Artis Soraya Larasati mengaku menjadi korban begal payudara saat lari pagi di Sektor V Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Menindaklanjuti kejadian tak senonoh ini, kini ia sedang menempuh jalur hukum dan membawa perkara tersebut ke pihak yang berwajib.

"Anggota sudah mengecek ke lokasi terkait kejadian viral di medsos di mana ada artis Soraya Larasati yang diduga mengalami pelecehan seksual saat lari pagi di Sektor V Bintaro. Menurut keterangannya, di lokasi tempat lari itu sepi dan adanya hanya ibu tukang jamu, hanya saja, yang bersangkutan tidak ingat pelat nomor pelaku dan ibu tukang jamu juga katanya nggak ngelihat", kata Kapolsek Pondok Aren Kompol Afroni Sugiarto dalam keterangannya kepada detikcom, Senin (6/4/2020).

Alhasil karena masih lemahnya bukti dan kurangnya saksi, Soraya tidak dapat membuat laporan atas kejadian tidak mengenakan tersebut. Dan tidak mau repot akan hal yang menimpa dirinya itu.

Soal perkara ini, sesungguhnya bukan hanya terjadi pada Soraya Larasari semata. Begal payudara juga pernah dialami oleh beberapa orang. Hanya saja bedanya adalah beberapa aksi mampu diringkus polisi dan dijebloskan ke ruang gelap penjara. Namun sebagian malah bebas dari jeratan hukum karena tak cukup bukti.

Aksi gelap itu bahkan tertangkap kamera dan ada juga yang luput dari  mata. Wajar bila Soraya Larasati angkat suara di media massa.

Dalam.laman instagramnya ia menyerukan agar semua wanita untuk berhati-hati ketika keluar rumah. Karena dalam berbagai kondisi pun unsur kejahatan biar terjadi dimana saja.

Padahal jika kita telaah lebih jauh lagi, Soraya sedang lari pagi di area kompleks rumah. Sudah barang pasti keamanan disekitar kompleks terjamin dan dijaga oleh satpam yang sedang bertugas. Jalan juga pasti sepi karena kebanyakan warga sedang dirumah karena takut dengan virus corona.

Ilustrasi foto (detik.com)
Ilustrasi foto (detik.com)
Namun tetap saja, kejadian itu masih sempat terjadi. Lalu bagaimana dengan tempat-tempat umum atau area lainnya. Bukankan hal ini mungkin saja akan terulang lagi dan meneror semua wanita yang lain.

Ungkapan kerisauan Soraya Larasati yang ia tulis tidak hanya berbanjir dukungan moral dari para netizen. Ia juga dianggap sebagai wanita yang berani menyuarakan isi hati mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN