Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Olahraga adalah nadi yang harus selalu digerakkan, dan ketika menulis topik lainnya harus sesuai dengan sudut pandang sendiri dan pemikiran yang matang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Shin Tae-yong Mundur dari Jabatan Pelatih Timnas Indonesia?

30 Maret 2023   06:24 Diperbarui: 30 Maret 2023   06:37 2219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Foto Shin Tae-yong. (Foto : Dede Mauladi/Skor.id)

Bak petir di siang bolong, FIFA telah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal ini tentu saja sangat menyakitkan dan membuat patah hati seluruh pecinta sepakbola tanah air. Apakah keputusan FIFA ini juga akan berdampak kepada Shin Tae-yong (STY)? Mungkinkah Coach STY memilih opsi mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Indonesia.

FIFA tidak menyebut alasan secara jelas kenapa tiba-tiba mencoret Indonesia sebagai tuan rumah, namun berdasarkan rilis di website FIFA dan rilis ke beberapa media online Indonesia, FIFA hanya menyebutkan dengan melihat kondisi terkini dan pasca terjadinya tragedi kanjuruhan menjadi alasan kuat FIFA untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan.

Dalam tiga minggu ini, situasi terkini di tanah air memang sangat pelik. Hal ini dilatarbelakangi soal penolakan Timnas U-20 Israel bermain di Indonesia. Sebelumnya beberapa ormas telah menolak kedatangan Timnas Israel di Indonesia, namun situasi ini berubah 180 derajat ketika ada pernyataan sikap dari Gubernur Bali, kemudian dari Partai PDIP dan Gubernur Jawa Tengah yang secara terang-terangan menolak Timnas Israel bermain di Indonesia.

Sadar situasi di Indonesia tidak kondusif, FIFA tiba-tiba membatalkan agenda Drawing Piala Dunia U-20 yang rencana akan digelar di Bali, pada tanggal 31 Maret 2023.

Pembatalan drawing ini, mulai menimbulkan kekhawatiran bahwa FIFA akan mencoret nama Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Berbagai spekulasi bermunculan di media berita online maupun media sosial.

Bahkan Presiden Joko Widodo harus melakukan konferensi pers, Presiden Jokowi menyatakan jangan mencampurkan adukkan olahraga dengan politik. Pemerintah juga akan mencarikan solusi terbaik terkait penolakan Israel di Indonesia.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengutus Ketua PSSI, Erick Thohir untuk berdiskusi dengan FIFA. Namun apa daya, setelah Erick Thohir berjuang maksimal melakukan komunikasi dengan FIFA. Hasil akhirnya, FIFA membatalkan posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sebaagi pelatih Timnas U-20 perasaan Coach STY pastinya kecewa, karena Coach STY dikontrak oleh PSSI di era Ketua Umum Mochamad Iriawan untuk melatih Timnas U-20 di Piala Dunia U-20. Coach STY saat itu ditargetkan menembus babak semifinal.

Sehingga semua persiapan telah ia lakukan dan ia pun mengorbankan segalanya demi memajukan sepakbola Indonesia. Terutama reputasi dia, sebagai pelatih top Asia ia pertaruhkan karena menerima pinangan melatih Timnas Indonesia.

Dua kali perasaan Coach STY hancur, yang pertama karena ia telah mempersiapkan tim dengan baik Bersama Elkan Baggott, Pratama Arhan, dkk. TC jangka panjang telah diselesaikan Coach STY Bersama dengan tim. Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat perhelatan Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan oleh FIFA dan ditunda penyelenggaraannya di tahun 2023.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun